Tak Hanya Fokus Corona, TNI-Polri Tetap Patroli Karlahut -->

Tak Hanya Fokus Corona, TNI-Polri Tetap Patroli Karlahut

Sabtu, 28 Maret 2020, 3:03:00 PM
Link Banner

Inforohil.com, Bagan Batu - Sejak merebaknya wabah virus corona atau Covid19 di Indonesia, TNI-Polri dan pemerintah fokus penanganan dan pencegahan. Namun, untuk urusan Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) TNI-Polri di Rokan Hilir tetap melaksanakan patroli. 

Kali ini, Baninsa Koramil 03/Bgs Serma Supriadi dan Sertu A Sipahutar bersama Bhabinkamtibmas melaksanakan patroli Karlahut di Dusun Pok 7 Kepenghuluan Bagan Sinembah Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Sabtu (28/03/2020).

"Patroli Karlahut tetap dilaksanakan guna meminimalisir muncul titik api, dan hasil patroli tersebut titik api dan asap nihil," kata Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa kepada wartawan. 

Dimana, lanjut Danramil lagi kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas ini selain patroli juga memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan.

"Agar masyarakat semakin sadar dan faham bahwa aktivitas pembersihan lahan dengan cara membakar itu adalah tindakan salah dan melawan hukum, maka upaya-upaya pendekatan atau sosialisasi harus kita lakukan," terang Danramil.

Menurutnya, bahwa memberikan pemahaman itu adalah salah satu upaya efektif untuk pencegahan terjadinya karlahut. "Dengan rutinnya kita lakukan sosialisasi tentang larangan dan bahaya karlahut maka sudah barang tentu masyarakat tidak akan lagi melakukan hal terlarang itu," ujarnya lagi. 

Danramil juga menyebutkan, bahwa dengan menjaga hutan secara tidak langsung juga akan memperpanjang usia. 

"Artinya, jika hutan yang dipenuhi dengan pohon-pohon itu tetap hidup dan berkembang tentu ketersediaan oksigen juga akan semakin banyak. Itulah artinya keseimbangan tersebut," ungkap Kapten Inf Y Mendrofa lagi. (iloeng)

TerPopuler