RS Ibunda Bongkar Pipa Diduga Limbah, Ternyata Hanya Saluran Air Hujan -->

RS Ibunda Bongkar Pipa Diduga Limbah, Ternyata Hanya Saluran Air Hujan

Selasa, 17 Maret 2020, 5:54:00 PM
Link Banner

Pekerja tukang saat membongkar saluran air tadah hujan di RS Ibunda, Bagan Batu. 

Inforohil.com, Bagan Batu - Sempat dilaporkan warga ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir (DLH Rohil) dan telah diverifikasi serta pengambilan sampel air diduga limbah, Rumah Sakit Ibunda membongkar saluran air diduga limbah di Kelurahan Bahtera Makmur Kota, Kecamatan Bagan Sinembah, Rokan Hilir (Rohil) pada Selasa (17/03/2020).

Pantauan di lokasi, pembongkaran itu disaksikan langsung oleh warga, LSM dan para awak media di lokasi rumah sakit dan di lubang kontrol saluran air selokan di luar kompleks rumah sakit. Diketahui lubang kontrol itu merupakan saluran air limbah rumah tangga beberapa warga yang dialirkan ke parit alam. 

Dan ternyata, sumber pipa dari rumah sakit Ibunda hanya merupakan tadah air hujan dan tidak terhubung dengan septitank maupun aliran IPAL. 

CEO RS Ibunda dr Herdianto didampingi Humas, Suroyo mengatakan bahwa pembongkaran itu untuk membuktikan kalau saluran air yang menuju lubang kontrol bersumber dari rumah sakit, yang bukan merupakan saluran limbah. 

Dia juga membenarkan bahwa beberapa waktu yang lalu DLH Rohil datang untuk melakukan verifikasi dan mengambil sampel air limbah. 

"Memang sebelumnya sempat ada bau, ada kesalahan dari konsultan tentang IPAL, dan sekarang sudah tidak bau lagi. Dan sewaktu tim DLH turun, alhamdulillah limbah sudah tidak bau juga," kata Herdianto. 

Dan agar lebih jelas, lanjut Herdianto lagi, pihaknya membuka saluran pipa mulai dari lubang kontrol di depan rumah warga hingga ke lubang kontrol di lokasi rumah sakit. 

"Dan dari hasilnya bisa kita lihat sendiri, lubang kontrol hanya untuk tadah air hujan," kata Herdianto kembali. 
Pekerja tukang sat membongkar lubang kontrol di dekat rumah warga. 

Ketua RW 04, Paidi yang pada kesempatan itu turut menyaksikan, mengucapkan terimakasih kepada pihak rumah sakit atas keresahan warganya. 

"Intinya, setelah dibongkar dan kita saksikan bersama hasilnya bukan saluran dari limbah rumah sakit atau septitank," ujarnya. (iloeng

TerPopuler