PKD Tiga Kecamatan Dilantik, Panwascam: Jangan Lagi Ngopi dengan Orang Partai

PKD Tiga Kecamatan Dilantik, Panwascam: Jangan Lagi Ngopi dengan Orang Partai

Rabu, 18 Maret 2020, 2:08:00 PM
Link Banner
Ketua Panwascam Bagan Sinembah secara simbolis menyematkan Id card kepada PKD Jaya Agung, Rabu (18/03). (inforohil.com/iloeng)

Inforohil.com, Bagan Batu - Sebelum dilaksanakannya Pemilukada Rokan Hilir, sebanyak 34 Panitia Pengawas (Panwas) tingkat desa atau PKD (Panwaslu Kelurahan/Desa) dari Tiga kecamatan yakni Bagan Sinembah, Bagan Sinembah Raya dan Balai Jaya resmi dilantik. 

Pelantikan itu dilaksanakan di Balroom Hotel Suzuya Kelurahan Bagan Batu Kota, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Rabu (18/03/2020) sekira 

Ketua Panwascam Bagan Sinembah Edi Saputra mewakili ketua Panwascam Bagan Sinembah Raya Mahlil Ritonga dan ketua Panwascam Balai Jaya Hairul Anuwar dalam sambutannya mengucapkan selamat dan tahniah kepada Panwas Kelurahan/Desa (PKD) tiga kecamatan yang baru dilantik. 

"Selamat dan tahniah kepada PKD yang dilantik, se Bagan Sinembah, dan Bagan Sinembah Raya, Balai Jaya," kata Edi. 

Dia mengatakan bahwa setelah dilantik ini, para PKD mulai mengemvan tugas. Dimana PKD dituntut harus memiliki integritas, komitmen, percaya diri yang kuat serta tidak sombong. 

"Jangan mentang-mentang Panwas di desa, semua orang digertak-gertak. Tapi begitu pun panwas tidak boleh lembek, mentalitas harus diperkuat lagi," pesannya 


Usai acara, foto bersama dengan instansi dan tamu undangan. 

Dan oleh karenanya dia berharap, seorang Panwas yang dituntut jujur dan menjaga independen dalam melaksanakan tugas mulai mengurangi duduk bersama atau sekedar ngopi dengan orang partai politik. 

"Jangan sampai nanti ada yang melapor, difoto dan lain sebagainya, sebab PKD adalah ujung tombak Panwas tingkat kecamatan dan Bawaslu di lapangan," pungkasnya. 

Dan dia berharap para Panwas terlebih yang baru dilantik dapat mensukseskan Pemilukada dengan menciptakan pilkada yang demokratis dalam melakukan pengawasan yang bermartabat, profesional dan berintegritas. 

"Mudah-mudahan kita dapat menciptakan pilkada secara demokratis, bermartabat, profesional dan berintegritas," harapnya. 

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Rohil Bimantara Prima Adi Cipta SH yang pada kesempatan itu turut hadir dalam sambutannya juga mengucapkan selamat dan tahniah atas pelantikan PKD Tiga kecamatan itu. 

"Mewakili pimpinan lainnya saya mengucapkan tahniah dan selamat kepada yang telah diambil sumpah jabatan dan dilantik," ucapnya. 

Dalam sambutannya, Bima mengatakan bahwa ada beberapa item yang ia sampaikan khusus kepada para PKD tiga kecamatan tersebut. Pertama, ucapan selamat ini bukan sekedar lips service semata, namun menjadi beban dan tanggung jawab PKD selama masa tugasnya sampai pada tahapan pemilihan di bulan september nantinya. 

"Kedua, seperti yang sudah disampaikan pak Edi tadi, jaga integritas, profesional dan tingkatkan kapasitas, jika terjadi sesuatu di desa, segera sampaikan ke Panwascam," tegas Bima. 

Dia juga menyampaikan agar PKD nantinya dapat menyesuaikan struktur tugas yang diawasi, misalnya PKD dengan PPS, Panwascam dengan PPK. Dan bahkan dia juga berpesan kepada PKD agar bisa keras seperti batu dalam menjalankan tugas. 

"Artinya jangan kompromi untuk sepakat yang tidak baik dan harus saling kerjasama dengan mitra di PPS," ujarnya lagi. 

Pada kesempatan itu Bima juga menyampaikan bahwa saat ini belum ada intruksi atau petunjuk Bawaslu pusat terkait Virus Corona. "Sejauh ini, pengawasan terus berjalan, tapi tetap jaga kesehatan, kebersihan dan hindari keramaian," katanya kembali. 

Pantauan di lokasi, para PKD masing-masing dilantik Panwascam secara bergantian. Sebelum dilantik, PKD diambil sumpah dan menandatangani fakta integritas untuk menjalankan tugas pengawasan. 

Selain dihadiri ketua dan anggota Panwascam tiga kecamatan, turut hadir juga Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP Msi, Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP Msi, Camat Balai Jaya Samsuhir, para datuk penghulu, lurah yang didominasi Datuk Penghulu dari Kecamatan Bagan Sinembah Raya. Sementara Datuk Penghulu dari Kecamatan Bagan Sinembah (induk) tidak satupun terlihat di acara pelantikan. (iloeng

TerPopuler