Naik ke Darat, Buaya Ukuran 3,5 Meter Diamankan Warga Simpang Kanan -->

Naik ke Darat, Buaya Ukuran 3,5 Meter Diamankan Warga Simpang Kanan

Selasa, 24 Maret 2020, 3:33:00 PM
Link Banner
Kapolsek Simpang Kanan, Iptu Boy Setiawan S.Ap MSi saat berfose dengan buaya yang sudah terikat di atas mobil pick, Selasa (24/03). (Foto: istimewa) 


Inforohil.com, Simpang Kanan - Ditengah kewaspadaan masyarakat akan mewabahnya virus Corona atau Covid19, warga Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berhasil mengamankan seekor Buaya dengan ukuran sekitar 3,5 meter, diduga buaya itu naik ke daratan hendak memakam ternak.

"Jenis buaya ikan, memang beberapa waktu belakangan ini, ternak warga sering dimangsa, termasuk Sapi. Bahkan warga yang mencari kangkung di kanal juga pernah mau dimangsa," kata Iyan warga Kepenghuluan Kota Parit, Kecamatan Simpang Kanan saat dihubungi wartawan, Selasa (24/03/2020) siang.

Dia menjelaskan, buaya itu diamankan warga yang bekerja sebagai buruh di perkebunan kelapa sawit, tepatnya di Dusun 02 Ampaian Rotan, Kepenghuluan Kota Parit, Simpang Kanan pada Senin (23/03) kemarin.

"Pada saat itu, para pekerja kebun melihat buaya sedang berada di bentengan, kemungkinan lapar karena tidak ada makanan lagi, kemudian warga berupaya agar buaya tidak kembali ke air dan berusaha manangkap," ungkapnya.

Iyan juga mengatakan para buruh kebun kelapa sawit di lokasi tersebut juga ada yang pernah diterkam buaya saat hendak mencuci tangan usai istirahat makan siang sehingga mengalami luka-luka pada bagian tangan dan bokong.

Dan oleh karenanya, dia berharap buaya itu dapat diamankan oleh pihak yang berwenang, dalam hal ini Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Riau.

"Sebab, buaya itu cukup mengganggu masyarakat. Kalau dilepas ke paret lagi, kami tidak setuju. Kalau bisa dibawa lah oleh pihak yang berwenang menangani buaya ini," harapnya.

Sementara itu, Datuk Penghulu Kota Parit, Wildan Rambe yang dihubungi via selulernya dan pesan aplikasi whatsapp, belum meberikan ketarangan sama sekali atas kebenaran informasi tersebut.

Kapolsek Simpang Kanan Iptu Boy Setiawan yang dikonfirmasi belum memberikan keterangan resmi dikarenakan jaringan seluler di lokasi kurang baik namun sempat mengirimkan fose bersama buaya yang sudah di dalam mobil pickup. (iloeng)

TerPopuler