Koramil 03/Bgs bersama MPA Patroli Karlahut, Masih Nihil Titik Api

Koramil 03/Bgs bersama MPA Patroli Karlahut, Masih Nihil Titik Api

Minggu, 15 Maret 2020, 2:43:00 PM
Link Banner
Peltu Edi Wiyanto bersama anggota dan MPA Kepenghuluan Bagan Sinembah Utara saat patroli Karlahut, Ahad (15/03). (Foto: Koramil 03/Bgs) 

Inforohil.com, Bagan Sinembah - Upaya pencegahan terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) terus dilakukan. Termasuk tim Subsatgas Kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira) yang terdiri dari Koramil 03/Bgs dan MPA melaksanakan patroli, Ahad (15/03/2020).

Tim Koramil 03/Bgs yang dipimpin oleh Peltu Edi Wiyanto bersama anggota dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Kepenghuluan Bagan Sinembah Utara, Kecamatan Bagan Sinembah Raya. 

"Puji tuhan, sampai saat ini titik api di lokasi patroli di Bagan Sinembah Utara, Kecamatan Bagan Sinembah Raya itu, titik api nihil," kata Danramil Kapten Inf Y Mendrofa kepada wartawan. 

Dikatakan Mendrofa, meski saat ini wilayah teritorial Koramil 03/Bgs masih sering turun hujan, namun kegiatan patroli dan sosialisasi Karlahut selalu dilaksanakan sebagai upaya pencegahan. 

"Dengan rutin dilaksanakan patroli sekaligus sosialisasi, sebagai upaya pencegahan munculnya titik api," terangnya kembali. 

Dan dengan sering dilaksanakannya patroli serta sosialisasi tersebut, lanjut Danramil lagi, masyarakat semakin sadar dalam menjaga lahan dan juga hutan untuk berkebun. 

"Terutama tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Dan jika tetap terjadi kebakaran, meski tidak disengaja, pemilik lahan akan tetap dimintai keterangan oleh pihak kepolisian dan bila terbukti, akan dilanjutkan proses hukumnya," tandasnya. 

Dan seperti diketahui, wilayah Kepenghuluan Bagan Sinembah Utara Kecamatan Bagan Sinembah Raya itu merupakan daerah yang rawan Karlahut. Selain tanah gambut, juga merupakan wilayah yang berbatasan dengan wilayah Kecamatan Kubu. (iloeng

TerPopuler