Hari Ketiga Pemadaman Karhutla di Mumugo, Titik Api Padam Tinggal Asap

Hari Ketiga Pemadaman Karhutla di Mumugo, Titik Api Padam Tinggal Asap

Kamis, 19 Maret 2020, 4:36:00 PM
Link Banner

Inforohil.com, Tanah Putih - Memasuki hari ketiga pemadaman Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kepenghuluan Mumugo, Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, titik api padam hanya tinggal asap.

"Alhamdulillah, titik Api berhasil dipadamkan dan hanya menyisakan titik asap," kata Danramil 02/TP Kapten Inf Khairul Anwar, Kamis (19/03/2020).

Dijelaskan Danramil, pemadaman dan pendinginan itu dilaksanakan berdasarkan hotspot yang terpantau pada Tanggal 17 Maret 2020 lalu dengan luas lahan yang terbakar lebih kurang 2 Ha.

"Imbas Karhutla dari wilayah Kodya Dumai yang meluas ke wilayah RT 03 RW 03 Jln Sepadan Dusun Rokan Jaya Kepenghuluan Mumugo yang merupakan perbatasan dengan Kota Dumai," ungkapnya.

Lebih lanjut Danramil menambahkan pemadaman yang melibatkan 13 personil TNI, MPA 10, aparat pemerintah 5 dan BPBD 11 orang itu mengalami hambatan karena tebalnya kabut asap di lokasi. "Sehingga menyulitkan tim Subsatgas Posko 5 akibat turun hujan sedang selama 20 menit dimulai sekira pukul 10.15 wib tadi," bebernya.

Selain itu jarak tempuh yang cukup jauh dari Makoramil menuju titik api dengan jarak bekisar 40 KM, kurangnya cadangan air dan angin yang cukup kencang menyebabkan meluasnya titik api dengan cepat yang membahayakan personel pemadam.

"Alhamdulillah, titik api berhasil padam. Dan dari informasi di lapangan, lahan tersebut milik Sugiatno warga Bagan Batu dan Somad, warga simpang Batang, Mumugo," tandasnya. (iloeng)

TerPopuler