Babinsa Dampingi Petani Sayur, Diharapkan Tanaman Sawit Tidak Pilihan Utama

Babinsa Dampingi Petani Sayur, Diharapkan Tanaman Sawit Tidak Pilihan Utama

Jumat, 13 Maret 2020, 12:51:00 PM
Link Banner
Sertu A Sipahutar saat melakukan pendampingan terhadap petani sayur jenis kacang panjang, di Kepenghuluan Salak, Basira, Jumat (13/03). (Foto: Koramil 03/Bgs) 

Inforohil.com, Bagan Batu - Dalam rangka mensukseskan swasembada pangan dan menaman sawit berujung pembakaran lahan dan hutan, Babinsa Koramil 03/Bgs melakukan pendampingan pertanian petani sayur. 

Pendampingan itu dilaksanakan di kebun Bapal Salahudin, di Kepenghuluan Salak, Kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira), Rokan Hilir (Rohil), Jumat (13/03/2020).

Jenis tanaman yang ditanam pak Salahuddin adalah kacang panjang yang saat ini dilakukan penanaman. Yang mana kegiatan pendampingan oleh Sertu A Sipahutar itu dimulai dari penyiapan lahan yang dilaksanakan 2 minggu yang lalu. 

"Sebelum dilakukan penanaman, lebih dahulu disiapkan penggemburan tanah, semai bibit dan pembedengan tanah, baru setelah 2 minggu ditanam kacang," kata Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa. 

Diakatakan Danramil, dengan dilakukannya bercocok tanam oleh pak Salahudin tersebut, diharapkan dapat menjadikan contoh bagi warga lainnya.

"Sehingga kegiatan pembakaran hutan dengan menanam sawit tidak menjadi pilihan utama bagi warga," kata Danramil. 

Dikatakan Danramil lagi, menanam sawit dengan cara membakar hutan merupakan tindakam yang melanggar undang undang tentang lingkungan. Kerugian akibat asap, bukan hanya dirasakan pemerintah namun terhadap masyarakat itu sendiri. 

"Salah satunya bencana kabut asap, maka dari itu kami harapkan apa yang dilakukan pak Solahudin menjadi contoh, bercocok tanam tidak hanya dengan berkebun kelapa sawit yang harus membakar. Kalau tidak dengan cara membakar, kemungkinan tidak ada masalah," tandasnya. (iloeng

TerPopuler