Babinsa Bantu Panen Melon, Potensinya Tak Kalah dengan Sawit -->

Babinsa Bantu Panen Melon, Potensinya Tak Kalah dengan Sawit

Sabtu, 21 Maret 2020, 1:09:00 PM
Link Banner
Pelda Sugiono saat membantu panen Melon di Teluk Piyai Pesisir, Kubu. (Foto: Koramil 04/Kubu) 

Inforohil.com, Kubu - Potensi pertanian jenis tanaman buah Melon tak kalah manis dengan tanaman kelapa sawit yang ngetrend dan bisa menyebabkan munculnya titik api akibat pembukaan lahan dengan cara dibakar. Hanya menggunakan lahan beberapa hektare saja, hasilnya cukup memuaskan. 

Seperti tanaman buah Melon milik pak Dani di Dusun Sungai Jermal, Kepenghuluan Teluk Piyai Pesisir Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir. Sudah 2 kali panen, hasilnya mencapai kurang lebih 8 Ton. 

Dan pada saat panen kedua, Babinsa Koramil 04/Kubu Pelda Sugiono berkesempatan membantu pak Dani dan keluarga, dan rencananya hasil panen Melon akan dipasarkan di Kota Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis. 

Danramil 04/Kubu Kapten Inf Alfarisi membenarkan giat Komsos yang dilakukan Pelda Sugiono dengan membantu petani saat panen. 

"Ya, hasil panen buah Melon akan dibawa dan dipasarkan di Duri. Ini potensi yang tidak kalah dengan hasil perkebunan kelapa sawit," kata Alfarisi kepada wartawan, Sabtu (21/03/2020).

Dijelaskan Alfarisi, pihaknya sangat mendukung pertanian buah melon tersebut. Pasalnya, hanya dengan lahan yang tidak begitu luas bisa bercocok tanam. 

Berbeda dengan kelapa sawit, lanjutnya, pada umumnya masyarakat membuka lahan dengan luas 2 Hektar paling sedikit. Sehingga tidak jarang dan pada umumnya membuka lahan dengan cara dibakar pada saat musim kemarau. 

"Sebab lahan yang akan ditanam sawit, memerlukan lahan yang lebih luas. Dan terkadang setelah ditanam, kelapa sawit juga masih berpotensi terbakar apalagi tidak ditunggui oleh pemilik lahan," ujarnya. 
Panen melon langsung diangkut ke truk dan akan dipasarkan di Duri, Kecamatan Mandau, Kab. Bengkalis. 

Dan oleh karenanya, Danramil berharap masyarakat lainnya dapat mencontoh membuka lahan selain sawit seperti pak Dani bercocok tanam melon. 

"Begitu juga dengan sayur jenis lainnya, seperti cabai, terung, dan lain sebagainya yang hanya memerlukan lahan sedikit hasilnya tak kalah dengan kelapa sawit," harapnya. (iloeng

TerPopuler