Verifikasi Laporan, Tim Gabungan Amankan Pelaku Karlahut

Verifikasi Laporan, Tim Gabungan Amankan Pelaku Karlahut

Jumat, 28 Februari 2020, 11:09:00 AM
Link Banner
Pelaku kebakaran lahan saat dimintai keterangan Babinsa Koramil 04/Kubu.  

Inforohil.com, Kubu - Tim gabungan TNI-Polri bersama dengan aparat pemerintah kepenghuluan bergerak cepat menindaklanjuti laporan dari pihak kepenghuluan Teluk Nilap Jaya,  kecamatan Kubu Babusalam (Kuba) tentang adanya informasi titik api didaerah tersebut.

Tim gabungan dibawah pimpinan Danpos Satgas, Danramil04/Kubu, Kapten Inf Alfarisi pada hari Kamis (27/2/2020) sekira pukul 14.30 wib langsung melaksanakan verifikasi titik api berdasarkan titik koordinat 1°49'58",100°42'50",9,6m, 265°.

"Pada hari Kamis (27/02/2020) pukul 15.15 Wib kita melaksanakan apel persiapan, kemudian melaksanakan pemadaman dan lidik guna melakukan verifikasi titik api berdasarkan informasi tersebut, dengan jumlah personil 37 Orang terdiri dari Polri sebanyak 5 orang, TNI sebanyak 4 orang, PT. SRL  sebanyak 18 orang, Kepenghuluan 2 orang, dan MPA : 8 orang," kata Danramil 04/Kubu, Kapten Inf Alfarisi, Jumat (28/02/2020).

Dimana, lanjut Danramil lagi saat itu tim membawa peralatan 2 unit mesin mini straker, 1 unit mesin Max, 2 unit mesin Robin, dan 1 unit Sambunesia.

"Sekira pukul 17.42 Wib tim tiba di TKP dan ternyata ditemukan adanya titik api dan kebakaran lahan dan hutan, kemudian Tim gabungan personil TNI, Polri bersama aparat kepenghuluan, masyarakat setempat dan personil Damkar PT. SRL melakukan pemadaman serta melakukan penyelidikan di lapangan oleh personil Polsek kubu," terang Danramil kembali. 

Dari penyelidikan itu, masih kata Danramil lagi akhirnya petugas dari Polsek Kubu berhasil mengamankan satu orang laki-laki yang diduga sebagai pelaku pembakaran tersebut.

"Pelaku itu bernama SM (42) warga jalan Rumbia 2 divisi 2 PT Salim Ivomas Pratama Kepenghuluan Balam Sempurna Kecamatan Balai Jaya," ungkapnya.

Menurut Danramil lagi bahwa lahan yang terbakar itu merupakan lahan gambut milik masyarakat, adapun lahan yang terbakar seluas 7 Hektare yang berada di jalan Sidorejo RT 02 RW 002 Dusun Pematang Langsat Kepenghuluan Teluk Nilap Jaya Kecamatan Kubu Babussalam.

Dan ketika disinggung kondisi terkini dari lahan yang terbakar itu, lebih jauh Danramil menjelaskan bahwa api sudah berhasil dipadamkan. 

"Kondisi terkini di lapangan Api di lokasi kepenghuluan Teluk Nilap Jaya sudah padam dan hanya meninggalkan asap tipis bekas dari tunggul kayu yang terbakar," tegas Kapten Inf Alfarisi kembali. (iloeng

TerPopuler