Pelantikan Pengurus HMI Cabang Persiapan Rohil, Bupati Sedikit Kecewa

Pelantikan Pengurus HMI Cabang Persiapan Rohil, Bupati Sedikit Kecewa

Sabtu, 01 Februari 2020, 6:17:00 PM
Link Banner
Usai pelantikan, Bupati Rohil H Suyatno foto bersama dengan pengurus HMI dan para tamu undangan. Sabtu (01/02/2020). 

Inforohil.com, Bagan Batu - Usai mengukuhkan Aktor Sadar Kerukunan Umat Beragama (Askub), Bupati Rokan Hilir (Rohil) juga menghadiri pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Korps HMI-Wati (Kohati) cabang persiapan Rohil, Sabtu (01/02/2020) sekira pukul 11.00 wib di Aula Suzuya Hotel Bagan Batu. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Rohil H Suyatno mengaku sedikit merasa kecewa, pasalnya ketua Yayasan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rokan H Yusuf Dahril yang merupakan para mahasiswa/mahasiswi meninba ilmu tidak diundang dalam acara ini, termasuk juga Kemenag. 

"Saya kecewa, kenapa ketua yayasan pak H Yusuf Dahril tidak diundang, kenapa, karena anak-anak ini sekolahnya disitu (STAI Rokan). Dan kenapa Kemenag tak diundang, tadi saya bilang protokol telpon itu kemenag kenapa tidak bersama-sama hadir (disini). Karena bagaimana pun tidak terlepas dari pembinaan Kementrian agama," ungkap bupati. 

Dan pada kesempatan itu, Suyatno secara pribadi dan atas nama pemerintah daerah Rokan Hilir mengucapkan selamat dan tahinah kepada pengurus HMI yang baru dilantik, terutama kepada ketuanya, Khairani Hasibuan. 

Suyatno juga menceritakan bahwa sebelumnya Khairani dan teman-temannya datang menemuinya pada saat meninjau renovasi Mesjid di Bagan Siapiapi. 

Khairani meminta kepadanya jika ada luang waktu untuk dapat hadir dalam acara pelantikannya. Dimana pada saat itu, jadwal pelantikan seharusnya pada jam 1 usai ibadah Sholat Zuhur, namun karena ada jadwal lain, bupati meminta dipercepat yakni sebelum tengah hari. 

"Alhamdulillah saya bisa hadir, sekali lagi atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Rokan Hilir, mengucapkan tahniah dan selamat," ucapnya. 

Suyatno juga menyampaikan bahwa pelantikan HMI di Rohil baru pertama kali ini dilantik. Bupati juga sempat menanyakan kepada pengurus PB HMI, bung Fidil kenapa dibuat namanya cabang persiapan.

"Tadi menurut bung Fidil, karena kuotanya belum cukup, jadi untuk mencukupi apa langkah kita? Tentu saja, kami yang dituakan, kami siap mendukung," katanya. 

Dia juga mengatakan bahwa kalau hanya sebuah program yang ditonjolkan oleh HMI bisa berkoordinasi dengan pak Hamzah yang merupakan pengurus KAHMI yang juga merupakan wakil ketua DPRD Rohil agar nantinya bisa dianggarkan dalam pembahasan APBD Rohil guna kemajuan HMI dan di Bagan Batu juga ada ketua DPRD. 

"Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada tamu saya yang dari Labusel, Dumai, Jakarta. Saya tidak suka kata persiapan Rohil. Kalau kita pemda, soal kuota, nanti bisa kita himpun dari STAI Ar Ridho, Dar Aswaja, nanti kepada camat kita minta juga untuk menghimpun, kalau tak mau, nanti copot. Bantu juga proposal anak-anak ini. Intinya, Pemda ingin bersama-sama mengajak seluruh eleman, khususnya HMI sama-sama membangun negeri ini," pungkasnya. 

Menganggapi kekecewaan bupati, ketua HMI Cabang Persiapan Rokan Hilir, Khairani Hasibuan ketika dikonfirmasi via pesan Whatsapp membantah tidak mengundang pihak yayasan STAI Rokan Bagan Batu. 

Bahkan ketua yayasan yang saat ini dijabat Zarkasi Pandapotan hadir dalam acara tersebut, sementara yang ditanyakan bupati adalah orangtua ketua yayasan, H Yusuf Dahril.

"Beliau (H Yusuf Dahril) sekarang ini adalah pembina di yayasan STAI Rokan, ketua yayasan oak Zarkasi kita undang dan tadi ada di lokasi," kata Khairani, namun ia tak menyinggung terkait undangan ke Kemenag.

Sebelumnya, pengurus KAHMI Rohil, Hamzah SHi MM dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada adik-adik mahasiswa HMI yang baru dilantik. 

Wakil ketua DPRD Rohil itu juga menjelaskan bahwa HMI di Rohil masih kategori persiapan karena perlu adanya training dan sebagai KAHMI, sangat mendukung sesegera mungkin persiapan menjadi cabang penuh. 

"Persiapkan yang matang, karena cabang ini sudah lama kita persiapkan, bahkan KAHMI Rohil lebih dulu dibentuk. Kami juga berharap Pemda (Rohil) selalu bersinergi, Himpunan ini adalah kontrol sosial. Memang saat ini HMI baru di STAI Rokan, Ar Ridho, dan Dar Aswaja nanti akan segera menyusul," kata Sekretaris DPC Partai Hanura tersebut.

Sebelumnya, Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) bung Fidil sebelum melantik membacakan SK atas kepengurusan HMI Cabang Persiapan Rokan Hilir. Sebagai Ketua adalah Khairani Hasibuan, Sekretaris Ayu Purnama Sari dan Bendahara Anggi Mayang Sari. 

Usai dilantik, HMI Cabang Persiapan Rohil juga melantik pengurus Korps HMI-Wati (Kohati) cabang persiapan Rokan Hilir periode 2020-2023.

Pantauan di lokasi, acara itu juga dihadiri Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi SIP, MI.Pol, Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP Msi, Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Panangian SH MSi, Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa diwakili Batuud Peltu Edi Wiyanto, para pengurus KAHMI Rohil termasuk Cutra Andika yang saat ini sudah mendapat restu DPP Hanura untuk maju sebagai Calon Bupati Rohil dan para tamu undangan lainnya dari berbagai organisasi mahasiswa dan massa lainnya. (iloeng

TerPopuler