Musrenbang Basira Dibuka Sekretaris Bappeda Rohil

Musrenbang Basira Dibuka Sekretaris Bappeda Rohil

Kamis, 13 Februari 2020, 1:42:00 PM
Link Banner
Suasana saat Musrenbang tingkat Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Kamis (13/02/2020). (Foto: iloeng) 

Inforohil.com, Bagan Sinembah Raya - Kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020 untuk anggaran 2021.

Musrenbang yang dilaksanakan di kantor Camat Basira, di Kepenghuluan Makmur Jaya, Kamis (13/02/2020) dimulai sekira pukul 10.00 wib itu dibuka oleh Bupati Rohil H Suyatno diwakili Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rohil, Joko Sulistiono.

Pada kesempatan itu Joko Sulistiono membacakan pidato bupati mengatakan bahwa Musrenbang ini, akan dibahas usulan yang menjadi skala prioritas, karena Musrenbang ini tahun terakhir atas kepemimpinan bupati untuk tahun 2021, tentunya apa yang diusulkan sudah sesuai dengan RPJMD (Rencana Pembangunn Jangka Menengah Daerah). Mungkin batasan-batasannya, bisa dirumuskan dalam RPJMD tahun 2021 nanti. 

"Usulan pembangunan ini dari bawah, kita sinergikan dengan OPD terkait, dan kebetulan bersama anggota dewan nantinya bisa sama-sama dikawal," ujarnya. 

Dia menyebutkan, Dokumen perencanaan yang tertuang untuk APBD 2021 nanti, harus sudah tertulis di RPJMD. Kalau tidak ada di RPJMD, tidak akan bisa masuk dalam APBD 2021. "Artinya APBD sudah sinergi dengan dokumen awalnya, dan harus singkron," tukasnya. 

Dan dia berharap hendaknya dalam menyusun program kegiatan pada kesempatan ini, jangan berdasar kemauan, tapi karena kebutuhan. Misalnya masyarakat minta A, kita usulkan B, itu tidak boleh  

RPJMD tidak bisa dirubah sekendak hati kita, yang harus melalui Perda. Jadi perlu semacam kajian dan evaluasi. Rpjmd

Joko juga menyebutkan prioritas pembangunan Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2021 yang merupakan tahun kelima dalam RPJMD, ada 5 skala prioritas, diantaranya :

Pertama, Pembangunan manusia dalam mengentaskan kemiskinan. Didalamnya termasuk kesehatan, pendidikan. Kedua Pembangunan kapasitas informasi birokrasi pemerintah. Dia mengatakan hal itu erat kaitannya dengan kinerja pemerintah, salah satunya singkronisasi antar pembangunan pemerintah pusat, provinsi dan daerah itu harus selaras, agar tidak lari dari program. 

"Sesuai dengan visi misi bupati yang sudah di perda kan itukah arah pembangunan 5 tahun kedepan. Sehingga kapasitas birokrasi kita benar2 taat dengan aturan, taat dengan program yang dibuat, karena itu akan dinilai," ujarnya. 

Ketiga, lanjut Joko adalah meningkatkan pembangunan infrastruktur sesuai dengan prioritas daerah seperti yang sudah pak camat sebutkan. "Mudah-mudahan pembahasan ini tidak berakhir sampai ditahun 2021 tapi diprogram 5 tahun kedepan. Untuk perencanaan menengah kedepan akan dilanjutkan," pungkasnya. 

Dia juga menambahkan apa yang diusulkan seperti dan menjadi prioritas seperti kantor desa, mungkin tahun ini sudah ada yang dibangun Dinas PUPR. Ada 1 atau 2, minimal ada, karena belum tentu dibangun serentak karena kecamatan lain juga. 

Kemuidan ke 4, meningkatkan perekonomian masyarakat daerah, di Basira ini banyak Potensi ekonomi, karena sewaktu masih bersatu dengan kecamatan induk, selalu juara 1 dalam berbagai bidang. Dia berharap Basira bisa mengangkat potensi yang ada.

Dan kelima, adalah meningkatkan pemberdayaan desa dan ekonomi kerakyatan pedesaan. 

"Harapan kami, dalam pembahasan Musrenbang ini, kami sebagai Bappeda bisa membawa program yang diusulkan nantinya untuk direalisasikan," ujarnya. 

Usai membacakan Pidato bupati, secara resmi, Sekretaris Bppeda Rohil itu membuka Musrenbang Tahun 2020. 

Dalam kesempatan, turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Rohil H Abdullah dan Hamzah SHi MM, anggota DPRD Rohil Fazrul Hidayat Lubis S.Sos, Raly Anugrah Harahap S.Sos dan Maria Tambunan, OPD dan staf Setdakab Rohil, serta para Datuk Penghulu dan Lurah se Bagan Sinembah Raya. (iloeng

TerPopuler