Miris, Kepenghuluan Tertua Tak Kunjung Dapat Pembangunan, Kantor Pun Menumpang

Miris, Kepenghuluan Tertua Tak Kunjung Dapat Pembangunan, Kantor Pun Menumpang

Kamis, 13 Februari 2020, 3:23:00 PM
Link Banner
Datuk Penghulu Bagan Sinembah, Sutan Lubis saat istirahat acara Musrenbang, Kamis (13/02). (Foto: iloeng). 

Inforohil.com, Bagan Sinembah Raya - Kampung Bagan Sinembah adalah merupakan cikal bakal dari berdirinya Kecamatan Bagan Sinembah dan kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira) serta Balai Jaya, namun sejauh ini kampung yang kini menjadi kepenghuluan sudah bertahun-tahun tak kunjung dapat pembangunan dari pemerintah kabupaten Rokan Hilir.

Hal ini diungkapkan oleh Datuk Penghulu Bagan Sinembah, Sutan Lubis saat mengikuti acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Kamis (13/02/2020)

"Malu terkadang saya sebagai Penghulu di Bagan Sinembah, karena sudah empat tahun saya menjabat sebagai Penghulu daerah kami yang notabenenya kampung lama tak juga tersentuh pembangunan," katanya. 

Dirinya juga menyebutkan, bahwa pihaknya selalu mengusulkan program pembangunan yang sama setiap tahun pembahasan. "Sudah berulang kali kami usulkan. Bahkan kalau dapat dikatakan, bahwa sudah banyak lembaran itu kita ajukan, tapi hasilnya nihil juga," terang Sutan Lubis. 

Dan hal yang paling menyesakkan dirinya ada dua usulan yang belum dipenuhi pemerintah kabupaten Rokan Hilir. 

"Pertama, setiap tahun kami selalu ajukan pembangunan jalan utama Bagan Sinembah menuju rumah persulukan Tareqat Naqsabandiyah. Kadang sampai malu dan kasihan kita melihat para jemaah yang suluk, pakaian putihnya selalu berubah warna setiap melintas dijalan itu, karena becek dan rusak, apalagi kalau musim hujan," tegas Sutan Lubis lagi. 

Dan kedua, lanjutnya lagi sebagai kampung tertua di daerah itu, sampai sekarang kepenghuluan tersebut belum memiliki kantor kepenghuluan sendiri. "Selama ini kita selalu meminjam dan menyewa saja. Padahal itu kantor untuk melayani masyarakat," ungkapnya lagi. 

Oleh karenanya pada kesempatan itu dirinya meminta kepada pihak OPD terkait dan DPRD Rohil untuk melihat dengan hati saja. "Tak perlu lagi kita bahas mana usulan yang skala prioritas atau bukan. Tapi yang kami butuhkan sekarang hati saja yang bicara, dan bukan hanya kata-kata saja," harap Sutan Lubis. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Tuan Guru Tareqat Naqsabandiyah, H Zulfikar SAg. Bahkan dirinya juga mengatakan, bahwa pembangunan jalan menuju rumah persulukan itu memang sudah sangat dibutuhkan.

"Memang sudah sangat dibutuhkan sekali, dan untuk itu kita meminta kepada Pemkab Rokan Hilir untuk dapat mengakomodir usulan dari masyarakat itu saja, apalagi jalan itu untuk kepentingan orang untuk beribadah," jelas Zulfikar.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Rohil, H Abdullah mengatakan akan memperjuangkan aspirasi warga, khususnya untuk kepenghuluan Bagan Sinembah tersebut.

"Atas nama pribadi, saya adalah putra kelahiran Bagan Sinembah merasa tersentuh sekali karena kepenghuluan Bagan Sinembah belum memiliki kantor. Oleh karena itu saya pribadi akan memperjuangkan agar kepenghuluan segera mendapatkan pembangunan kantor baru dan jalan menuju rumah persulukan tersebut," katanya. 

Dalam kesempatan itu dirinya juga meminta kepada seluruh warga masyarakat untuk dapat bekerjasama dengan memberikan pengawasan setiap proyek yang turun. Yang mana untuk program pembangunan tahun 2020 akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. 

"Karena tanpa ada pengawasan dari masyarakat tentu proyek pembangunan yang diusulkan tidak maksimal," katanya. (iloeng

TerPopuler