Bupati Kukuhkan Aktor Sadar Kerukunan Umat Beragama Bagan Sinembah

Bupati Kukuhkan Aktor Sadar Kerukunan Umat Beragama Bagan Sinembah

Sabtu, 01 Februari 2020, 2:45:00 PM
Link Banner
Bupati Rohil H Suyatno saat mengukuhkan Aktor Sadar Kerukunan Umat Beragama (Askub) Kecamatan Bagan Sinembah, Sabtu (01/02/2020). (Foto: Iloeng) 

Inforohil.com, Bagan Batu - Bupati Rokan Hilir, H Suyatno secara resmi mengukuhkan pengurus Aktor Sadar Kerukunan Umat Beragama (Askub) Bagan Sinembah periode 2019-2023 di lantai 6 Bintang Mulia Hotel Bagan Batu Kota, Kecamatan Bagan Sinembah, Sabtu (01/02/2020).

Selain bupati turut hadir dalam pengukuhan itu, Wakil Bupati, Drs H Jamiluddin sekaligus sebagai Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Rohil, Ketua DPRD Rohil, Maston, Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi Sip MI.Pol, Camat Bagan Sinembah, Sakinah SSTP Msi, Camat Basira, HM Yusuf Msi, Camat Balai Jaya, Samsuhir Spd, Kapolsek Bagan Sinembah, Kompol Panangian SH MSi, Danramil 03/Bgs diwakili Peltu Edi Wiyanto, para pejabat/kepala OPD Pemkab Rohil, para pengurus Askub Kecamatan Bagan Sinembah.

Mengawali sambutan, Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi Sip MI.Pol menyampaikan permohonan maaf kepada warga masyarakat. Hal ini disebabkan sejak ditugaskan di Rokan Hilir dirinya tidak dapat mengikuti acara rutin. 

"Ini kesempatan kami untuk datang ke sini, diawal penugasan kami, mohon maaf tidak datang secara runut di beberapa wilayah. Karena kami datang langsung disambut titik api, jadi kami masuk September langsung disambut oleh 23 titik api," katanya. 

Diakhir sambutan Dandim juga mengungkapkan bahwa dengan adanya forum kerukunan umat beragama ini adalah merupakan hal yang positif. "Kerukunan ini tidak terlepas dari pancasila, butir pertama ketuhanan yang Maha Esa. Kerjasama di lingkungan, sama-sama menghormati ibadah agama," tegasnya dan mengucapkan selamat kepada Aktor Sadar Kerukunan Umat Beragama yang baru dilantik. 

Sementara itu Bupati Rokan Hilir, H Suyatno Amp dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pengurus Aktor Sadar Kerukunan Umat Beragama (Askub)  Bagan Sinembah.

"Selamat atas pengukuhan para Aktor, dan Alhamdulillah kita masih diberi kesehatan sehingga bisa menghadiri acara ini. Dan saya pribadi atas nama pemda, selamat kepada Askub yang baru saja dikukuhkan," ujarnya. 

Bupati juga sangat optimis dengan Askub Kecamatan Bagan Sinembah yang dipimpin oleh HM Yusuf Dahril akan mampu mengakomodir seluruh tokoh dan ulama yang ada di kecamatan Bagan Sinembah.

"Meski kondisi beliau (HM Yusuf Dahril, Red) sekarang ini kurang prima, namun saya yakin kalau beliau ini dapat mengakomodir dengan baik sehingga tetap menggelora dihati masyarakat," terang Suyatno.

Dan menimpali sambutan Dandim 0321/Rohil, Bupati juga senada sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat serta aparat yang ada untuk tetap menjaga kondisi daerah tetap kondusif.

"Saya mengajak keberadaan TNI di negeri ini bersama-sama dengan kita dan masyarakat agar apa yang kita harapkan bahwa negeri ini tetap kondusif. Bahkan tidak hanya Dandim, Kapolres saja untuk menjaga kondusif, namun kita semua dan khususnya Askub dalam menjaga kondusifitas daerah," harap Suyatno.

Dirinya juga menceritakan pengalaman sewaktu menjabat sebagai camat Bagan Sinembah pada tahun 2002 lalu telah didatangi oleh warga yang menyampaikan adanya isu begu ganjang. 

"Ya waktu itu saya didatangi warga bahwa adanya isu begu ganjang, sehingga suansana tidak kondusif. Hingga akhirnya Kami bersama Danramil dan Kapolsek turun dan kami yakinkan kepada masyarakat untuk menjumpai ibu yang diduga pelihara begu ganjang. Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik, selesai," tutur Suyatno.

Demikian pula halnya dengan pembentukan Ikatan Antar Suku Bagan Sinembah (IKBAS) pada waktu ia menjabat sebagai camat, tujuannya dibentuk adalah untuk menyatukan semua suku-suku yang ada di Kecamatan Bagan Sinembah.

"Ini buktinya, sampai saat ini kecamatan Bagan Sinembah masih tetap kondusif.  Sehingga daerah yang juga menjadi barometernya Rokan Hilir terus berkembang dan bahkan sangat luar biasa perkembangannya," ungkap Suyatno.

Dan diakhir sambutan, Bupati kembali mengharapkan kepada Askub untuk dapat berkoordinasi dengan Upika. "Saya harapkan, mudah-mudahan Askub Bagan Sinembah ini dapat kerjasama yang baik, baik dengan Upika maupun dengan tokoh masyarakat lainnya. Ini lintas agama, ini satu kesatuan yang kita anggap paling hebat," harap Suyatno. (iloeng

TerPopuler