Banbinsa 02/TP Dim 0321/Rohil Bantu Petani Panen Cabe

Banbinsa 02/TP Dim 0321/Rohil Bantu Petani Panen Cabe

Rabu, 12 Februari 2020, 2:08:00 PM
Link Banner
Serma Seman saat bantu warga panen cabe di Kelurahan Cempedak Rahuk, Tanah Putih. Rabu (12/02). (Foto: Koramil 02/TP)

Inforohil.com, Tanah Putih - Pelaksanaan kegiatan Teritorial Babinsa Cempedak Rahuk Serma Seman melaksanakan pendampingan pertanian Cabe dengan membatu warga memanen cabe merah milik bapak M Rijal di Kelurahan Cempedak Rahuk Kecamatan Tanah Putih (12/02/2020).

Bapak M Rijal merupakan petani mandiri yang mengolah lahannya seluas  6.400 M² (16 Rantai) menjadi lahan perkebunan dengan menanam sayuran jenis cabe merah dengan hasil ratusan kilo perotasi panen yang sampai saat ini sudah yang ke tujuh kalinya.

Mengingat harga cabe pada saat-saat tertentu sangat mahal, diseputaran Kecamatan Tanah Putih para pengepul membandrol harga ± Rp. 27.000, - perkilo dari petani di wilayah Kabupaten Rohil ini sehingga memotivasi bapak Rizal untuk menanam cabe.

Serma Seman selaku Babinsa memotivasi bapak M Rijal dan para warga lainnya untuk tetap semangat dalam budidaya cabe ini, karena tanaman tersebut membutuhkan perawatan yang ekstra mulai dari penyiapan lahan, pembibitan, penanaman, perawatan, panen bahkan sampai dengan pemasaran.

"Kita juga harus memperhatikan apa-apa jenis hama dan cuaca yang kadang kala cuaca sangat ekstrim sehingga mempengaruhi hasil panen," terangnya. 

Bapak M. Rijal dan warga lainnya sangat senang dengan kehadiran Babinsa yang mau terjun ke desa desa dalam memberi motifasi kepada para petani cabe. 

Serma Seman memaparkan kendala selaku Babinsa dalam memotivasi petani cabe untuk tetap semangat dalam budidaya cabe ini, karena tanaman tersebut membutuhkan perawatan yang exsta mulai dari penyiapan lahan, pembibitan, penanaman, perawatan, panen bahkan sampai dengan pemasaran. (rilis

TerPopuler