Babinsa bersama Babinkamtibmas Patroli Karhutla dan Cek Kedalaman Air Embung

Babinsa bersama Babinkamtibmas Patroli Karhutla dan Cek Kedalaman Air Embung

Sabtu, 08 Februari 2020, 11:48:00 AM
Link Banner

Inforohil.com, Tanah Putih - Babinsa Koramil 02/TP Koptu Boiran, Kopda PA Simanjuntak dan Babinkamtibmas melaksanakan Patroli Karhutla dan pengecekan air Embung yang salah satu usulan oleh masyarakat dalam menyuplai pengairan untuk pemadaman di Kampung Melati Kelurahan Melayu Besar Kota Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan 
Sabtu (08/02/2020).

Kegiatan pengecekan Air Embung ini perlu dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/TP yang merupakan bagian dari tugas kesepsiagaan (Karhutla) dimusim panas, selain itu juga dalam rangka mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan agar bisa terlaksana dengan baik.

Babinsa Kopda PA Simanjuntak mengatakan bahwa tindakan itu dilakukan bersama Babinkamtibmas itu bertujuan untuk mengetahui debet/kapasitas air di desa binaan, apalagi saat musim kemarau yang sudah mulai melanda sekarang ini. 

"Untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan, kita lakukan kroscek debet air di sepanjang pembuatan Embing,” kata Kopda PA Simanjuntak

Debet air di Embung saat ini masih terlihat cukup, bahkan, dengan kondisi debet air dengan tinggi 50-60 cm masih bisa dikatakan mampu untuk menghadapi musim kemarau.

"Beberapa debet saluran, dengan ukuran seperti itu masih mampu untuk menjaga stabilitas pengairan air di persawahan milik petani,” tutur Koptu Boiran menambahkan.

Babinsa Kelurahan Melayu Besar kota Kopda PA. Simanjuntak menjelaskan embung tersebut digunakan untuk mengaptisipasi adanya kebakaran dikarenakan musim kemarau, untuk masyarakat di daerah sekitar Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan.

"Pemanfaatan Embung ini juga sebagai salah satu usulan masyarakat sekitar sehingga harus dapat dimaksimalkan fungsinya sebagai penyediaan air irigasi persawahan,” ujar Babinsa Kopda PA. Simanjuntak. (rilis

TerPopuler