Antisipasi Karlahut, Sosialisasi Terus Digalakkan

Antisipasi Karlahut, Sosialisasi Terus Digalakkan

Kamis, 27 Februari 2020, 1:21:00 PM
Link Banner
Pelda Sugiono saat sosialisasi dengan perangkat RT, RW di Kepenghuluan Sei Daun, Palika. (Foto: Koramil 04/Kubu) 

Inforohil.com, Palika - Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan (karlahut), jajaran TNI terus membangun komunikasi dengan warga masyarakat untuk memberikan sosialisasi larangan mambakar. 

Kali ini anggota Koramil 04/kubu, Pelda Sugiono yang didampingi oleh Sekretaris Kepenghuluan Sei Daun kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), Elit bersama dengan para ketua RT melakukan tatap muka.

"Dalam kesempatan ini kita bersama pemerintah kepenghuluan Sei Daun melaksanakan sosialisasi secara terbuka dan tatap muka bersama dengan warga masyarakat," kata Danramil 04/kubu, Kapten Inf Alfarisi, Kamis (27/02/2020).

Dimana, lanjut Danramil lagi sosialiasi tersebut melibatkan langsung aparat RT yang ada di daerah kepenghuluan Sei Daun. "Kita ingin semua elemen dapat sama-sama menjaga daerahnya agar terbebas dari karlahut," terangnya. 

Dalam sosialisasi itu lanjut Danramil, pihaknya juga menyampaikan pesan-pesan moral atas bahaya melakukan pembersihan lahan dengan pola lama, yakni membakar. 

"Ya yang berkaitan dengan efek negatif yang ditimbulkan dari kebakaran itu,  mulai dari sisi kesehatan sampai sisi hukum," ungkap Danramil lagi. 

Dalam kesempatan itu pihaknya juga menghimbau kepada seluruh ketua RT dan juga masyarakat agar dapat segera melaporkan jika ditemukan adanya titik api.

"Segera laporkan secepatnya jika memang ada kebakaran. Artinya, tindakan penanganannya juga akan lebih mudah. Karena jika dibiarkan, maka bukan tidak mungkin api akan merembet dan semakin besar serta lahan yang terbakar juga akan semakin luas," akunya. (iloeng

TerPopuler