Akhirnya, Lions Club Gelar Operasi Katarak di Baganbatu -->

Akhirnya, Lions Club Gelar Operasi Katarak di Baganbatu

Sabtu, 15 Februari 2020, 3:18:00 PM
Link Banner
Foto kolase giat pembukaan operasi katarak oleh Lions Club, Sabtu (15/02). (Foto: iloeng). 

Inforohil.com, Bagan Batu - Setelah beberapa tahun belakangan melaksanakan operasi katarak di RSUD Dr Pratomo Bagan Siapiapi, akhirnya Lions Club melaksanakan bakti sosial itu di Bagan Batu. Sabtu (15/02/2020) pagi. 

Kegiatan itu dilaksanakan di Puskesmas Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). 

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Wakil Bupati Rohil Drs Jamiluddin dan dihadiri Kapolres Rohil AKBP Muhammad Mustofa SIK Msi, Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi SIP, Mi.Pol, Kepala Kejari Gaos Wicaksono, anggota DPRD Rohil dari PDIP, Maria Tambunan, Upika terdiri dari Camat Sakinah SSTP Msi, Kapolsek Kompol Panangian SH MSi, Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa serta para pengurus Lions Club dan masyarakat yang akan dilakukan operasi katarak. 

Ketua panitia kegiatan, Siwaja Muljadi alias Aseng UB dalam laporannya menyampaikan bahwa pihaknya dalam mejaring masyarakat yang buta katarak, bekerjasama dengan Polres Rohil dan melakukan screaning di 10 puskesmas yang ada di Rohil. 

Dia juga mengaku bahwa selama ini pihak Lions Club selalu melaksanakan operasi katarak di RSUD Pratomo Bagan Siapiapi, karena ada usulan masyarakat agar dibuat di tempat lain, lokasi dibagi Dua. 

"Hari ini disini, bulan Juli nanti kita laksanakan di Bagan Siapiapi. Tahun ini kita bagi wilayah Rohil daratan dan pesisir. Tujuannya agar bisa mendekatkan diri dengan masyarakat yang pada kesempatan ini khusus masyarakat Bagan Sinembah sekitarnya," terangnya. 

Dia juga menyebutkan bahwa pasien yang dioperasi katarak berjumlah 175 orang dari Kecamatan Bagan Sinembah sekitrnya. Dan dia juga menyebutkan pada saat pendaftaran ulang, banyak warga yang kurang mengetahui adanya operasi katarak ini, sehingga banyak yang tidak mengikuti namun membutuhkan. 

"Mudah-mudahan kedepannya kami akan bekerjasama dan akan berkoordinasi dengan camat, kapolres dan Dandim dan pihak lainnya agar masyarakat lebih mendapatkan informasi jauh sebelum pelaksanaan," ujarnya. 

Dan pada kesempatan itu mantan anggota DPRD Riau dari partai Gerindra itu juga berpesan kepada pasien agar mengindahkan pesan dokter pasca dioperasi katarak di rumah nantinya. 

"Pada umumnya, pasien tidak boleh kerja berat, menunduk, tidak boleh kena abu dan lain sebagainya," ujarnya. 

Sementara itu AKBP Muhammad Mustofa mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Lions club kepada pihaknya untuk menjaring pasien katarak. 

"Terimakasih atas undangan dan kerjasama dalam rangka bakti sosial ini. Seperti disampaikan panitia atas keterlibatan kami, pihak lions club menyampaikan kepada kami untuk bekerjasama dalam rangka kegiatan ini," ujarnya. 

Dan pada kesempatan itu Wakil Bupati Rohil Drs Jamiluddin sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Terlebih kepada ketua panitia, Siswaja Muljadi alias Aseng. 

Dia menyebutkan bahwa selama Siswaja menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Riau, kegiatan itu sudah berlangsung setiap tahun dilaksanakan. Namun disaat sudah tidak menjabat lagi, kegaitan bakti sosial itu tetap dilaksanakan. 

"Selama pak Aseng menjabat DPRD Riau giat ini sudah dilalukan, namun saat ini beliau sudah tidak menjabat, kegiatan ini masih berjalan. Saya harap yang lain bisa mencontoh pak Aseng, jangan hanya saat menjadi pejabat baru mau berbuat. Dan sekali lagi atas nama Pemda Rohil kami ucapakan terimakasih dan selamat, kiranya acara ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses," ujarnya. 

Usai memberikan kata sambutan, Wabup Rohil kemudian membuka secara resmi kegiatan operasi katarak tersebut. (iloeng) 

TerPopuler