Upika Bagan Sinembah Tinjau Posko Karlahut di Makoramil 03/Bgs -->

Upika Bagan Sinembah Tinjau Posko Karlahut di Makoramil 03/Bgs

Kamis, 23 Januari 2020, 3:32:00 PM
Link Banner
Upika Bagan Sinembah saat melakukan peninjauan Posko utama Karlahut di Makoramil 03/Bgs, Kamis (23/01/2020).

Inforohil.com, Bagan Batu - Guna mengantisipasi terhadap kebakaran lahan dan hutan (karlahut), untuk itu Koramil 03/Bgs telah mendirikan posko penanggulangan di empat wilayah kecamatan. 

Dan pada kesempatan ini, Upika Bagan Sinembah yakni Camat, Sakinah SSTP Msi, Kapolsek Kompol Panangian SH MSi termasuk Danramil 03/Bgs sendiri, Kapten Inf Y Mendrofa tinjau Posko Karlahut di Makoramil 03/Bgs, Kamis (23/01/2020) sekira pukul 14.00 wib. 

Danramil 03/Bgs, Kapten Inf Y Mendrofa kepada awak media, mengatakan bahwa Posko yang ada di Makoramil merupakan posko utama dari 4 kecamatan yang masuk dalam teritorial. 

"Ya selain melakukan sosialisasi dan patroli kita juga sudah mengaktifkan posko penanggulangan karlahut dan kita dirikan di empat kecamatan yang ada di bawah naungan wilayah teritorial Koramil 03/Bgs. Untuk yang disini merupakan posko utama," kata Kapten Inf Y Mendrofa.

Dimana ketiga daerah kecamatan lainnya itu, lanjut Danramil, masing-masing Kecamatan Simpang Kanan, Kecamatan Bagan Sinembah Raya, dan Kecamatan Balai Jaya.

Menurutnya, tiga kecamatan sejauh ini dinilai masih rawan terjadinya karlahut. "Makanya kita siagakan juga anggota di tiga kecamatan, yakni Simpang Kanan,  Basira dan Balai Jaya," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu dirinya juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar, terutama saat musim panas datang.

"Karena mayoritas lahan yang ada di tiga kecamatan itu adalah memiliki kultur tanah gambut. Jadi jika dilakukan pembakaran, kita takutkan api akan menjalar dan akhirnya mengakibatkan kebakaran luas," jelasnya lagi. 

Dan untuk itu dirinya juga mengatakan, bahwa sejauh ini pihaknya bersama dengan Polri selalu bersinergi dalam melakukan sosialisasi.

"Semua Babinsa dan Bhabinkamtibmas selalu kompak melakukan patroli dan sosialisasi ditengah-tengah masyarakat tentang bahaya karlahut dan ancaman yang diakibatkan dari karlahut itu sendiri," tandasnya. 

Sementara itu, Camat Bagan Sinembah Sakinah menyampaikan bahwa untuk Kecamatan Bagan Sinembah sendiri tidak memiliki hutan dan tidak ada terjadi Karlahut. 

Meski begitu, lanjut camat tercantik se Kabupaten Rokan Hilir itu, pihaknya tetap siaga dan siap membantu pemadaman apabila ada titik api dan siap membantu pihak Kepolisian dan TNI untuk mensosialisasikan tentang bahaya Karlahut kepada masyarakat. 

"Dan apabila terjadi kebakaran lahan di wilayah kita, mudah-mudahan bisa dengan segera dipadamkan, sebab tekstur lahannya bukan gambut," ungkapnya. 

Namun begitu, dia berharap khususnya Kecamatan Bagan Sinembah pada musim kemarau tahun 2020 ini, tidak ditemukan titik api. 

"Begitu juga dengan kecamatan lainnya termasuk Bagan Sinembah Raya dan Balai Jaya, serta Simpang Kanan yang berbatasan langsung dengan kita," ucapnya. (iloeng

TerPopuler