Dua Babinsa 02/TP Patroli Karhutla di Tempat Berbeda -->

Dua Babinsa 02/TP Patroli Karhutla di Tempat Berbeda

Rabu, 15 Januari 2020, 7:27:00 PM
Link Banner
Foto kolase: giat patroli Karhutla Babinsa Koramil 02/TP.

Inforohil.com, Tanah Putih - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Tanah Putih Sertu Zulkifli terus melakukan patroli dan sosialisasi Karhutla di wilayah Desa Sungai Pinang Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir, Rabu (15/01/2020).

Patroli dan Sosialisasi ini dilaksanakan baik di daerah yang rawan kebakaran hutan dan lahan. Kegiatan patroli menggunakan sepeda motor roda dua agar lebih leluasa sampai ke pelosok desa.

Begitu juga halnya dengan Babinsa Desa Cempedak Rahuk Kecamatan Pujud Kopda Agus Fajar Yono juga melaksanakan patroli Karhutla di desa wilayah Binaannya.

Adanya kegiatan sosialisasi seperti ini diharapkan mampu memberikan pencerahan serta kesadaran sosial dan hukum. Tentunya yang menjadi sasaran sosialisasi ini adalah seluruh warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Babinsa juga menyampaikan sosialisasi tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat. 

Untuk warga agar tidak membakar lahan secara sembarangan, Riau sepertinya sudah memasuki musim panas jadi harapannya jangan bakar hutan sembarangn karena apabila masyarakat sengaja membakar lahan maka akan ada sanksi hukum yang berlaku bagi masyarakat yang membakar hutan dan lahan.

Kegiatan patroli dan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan  merupakan bagian dari bentuk komunikasi dan koordinasi serta memberikan pemahaman kepada masyarakat desa menuju Masyarakat Bebas Api.

Ini merupakan langkah awal mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan sehingga masyarakat mengetahui dan memahami dampak negatif jika terjadi kebakaran akibat pembukaan hutan dan lahan dengan cara pembakaran.

Lebih lanjut menurut Babinsa Sertu Zulkifli, aksi bakar lahan sama sekali tidak dibenarkan, sehingga memang perlu mendatangi warga satu persatu agar bisa sadar untuk bersama-sama memerangi karhutla.

“Caranya adalah dengan mendatangi para warga desa untuk meningkatkan komunikasi sosial Serta menyampaikan himbauan terkait larangan karhutla. Pada prinsipnya warga mendukung kegiatan ini dan akan bersama-sama menjaga hutan dan lahan agar tidak sampai terjadi kebakaran,” ujarnya.

Maka dari itu, kita menghimbau kepada masyarakat meskipun saat ini cuaca ekstrim, kadang hujan dan kadang panas yang terik, agar secara aktif ikut berpartisipasi dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan tidak melakukan pembakaran dan segera melaporkan kepada pihak terkait apabila menemukan kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan” tegas Sertu Zulkifli

“Hal-hal yang tidak dibenarkan adalah membuka lahan pertanian dengan cara melakukan pembakaran hutan, membuang puntung rokok sembarangan maupun membuat api dekat lahan atau hutan yang mudah terbakar karena sangat rentan membesar dan meluas,” ujar Babinsa.

Komandan Koramil (Danramil) 0321-02/TP Kapten Inf Khairul Anwar saat dikonfimasi mengatakan bahwa memang benar Babinsa jajarannya sudah kita perintahkan untuk melakukan patroli dan sosialisasi karhutla secara rutin terutama wilayah yang rawan terjadinya kebakaran lahan dan hutan sehingga bisa meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan. (rilis***)

TerPopuler