Dipimpin Dandim 0321/Rohil, TNI Polri Dinginkan Titik Api di Rantau Bais

Dipimpin Dandim 0321/Rohil, TNI Polri Dinginkan Titik Api di Rantau Bais

Rabu, 22 Januari 2020, 3:07:00 PM
Link Banner
Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rachman dibantu tim termasuk Danramil 02/TP Kapten Inf Khairul Anwar saat memadamkan api. 


Inforohil.com, Tanah Putih - Usi melakukan pemadaman kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) pada Selasa (21/01/2020) petang hingga malam hari kemarin, hari ini TNI Polri dan Masyarakat Peduli Api (MPA) kembali melaksanakan pendinginan titik api di Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih, Rokan Hilir (Rohil). Kamis (22/01/2020).

Danramil 02/TP Kapten Inf Khairul Anwar kepada wartawan menyampaikan bahwa pendinginan titik api hari ini, yang dipimpin langsung oleh Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi, SIP, MI.Pol akan dilakukan sampai api padam total.

"Luas lahan yang terbakar sekitar 0,5 Ha, jenis lahan merupakan tanah gambut dan semak belukar kering bekas imasan," terang Khairul.

Dijelaskan Danramil, lokasi lahan yang terbakar, tepatnya di titik koordinat : N 1° 34’ 26’’ E 101° 11’ 08’’ itu merupakan tanah milik 'Nini Mamak' masyarakat Rantau Bais.

Danramil menambahkan, hambatan dalam pemadaman pada Selasa kemarin adanya angin yang cukup kencang mengakibatkan asap tebal dan pemadaman tidak maksimal.

Selain itu jarak tempuh dari Koramil 02/TP cukup jauh, yakni bekisar 30 KM dan masuk ke dalam lokasi sejauh 3 KM dengan menggunakan kendaraan roda 2 dan 4.

"Dan lokasi kebakaran terdapat semak belukar yang tebal sehingga sulit untuk melakukan pemadaman," pungkasnya.

Dijelaskan lagi, dalam proses pendinginan Karlahut itu, kuat personil terdiri dari 20 orang TNI, 8 orang personil Polsek Tanah Putih dan 2 orang MPA.

Adapun alat yang digunakan untuk melakukan pemadaman dan pendinginan itu dengan menggunakan 2 buah mesin air merk Honda + Sambunesia, 1 buah mesin air merk Shibaura dan satu buah mesin air merk Robhin.

"Saat ini, tim pemadam yang dipimpin langsung oleh Dandim itu, masih berlangsung melakukan pendinginan," ujarnya. (iloeng)

TerPopuler