Danramil 03/Bgs Goro Minggu Bersih TPA Sampah 'Ilegal' -->

Danramil 03/Bgs Goro Minggu Bersih TPA Sampah 'Ilegal'

Minggu, 05 Januari 2020, 12:39:00 PM
Link Banner
Kapten Inf Y Mendrofa dan Datuk Penghulu Bagan Manunggal, Johan Taruna tampak antusias membersihkan sampah. 


Inforohil.com, Bagan Batu - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah 'ilegal' yang bertebaran hampir disepanjang jalan lingkar (Ring Road) Bagan Batu kian hari kian meresahkan.

Untuk itu, anggota Koramil 03/Bgs dipimpin langsung oleh Danramil Kapten Inf Y Mendrofa melaksanakan Gotong Royong 'Minggu Bersih' bersama warga Kepenghuluan Bagan Manunggal, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Ahad (5/1/2020).

Pada kesempatan itu, warga dipimpin oleh Datuk Penghulu Bagan Manunggal, Johan Taruna, turut serta OKP FKPPI dan para ibu-ibu PKK serta masyarakat lainnya.

Sampah yang menumpuk menyebabkan bau tak sedap dan merusak pemandangan itu dipisahkan antara kering dan basah, kemudian langsung dibakar.

Kapten Inf Y Mendrofa kepada awak media menyampaikan bahwa sasaran Goro ini adalah pembersihan sampah yang menumpuk di pinggir jalan Ring Road yang menjadi TPA 'ilegal'.

Akibat menumpuknya sampah-sampah tersebut, sehingga menimbulkan bau yang tidak sedal dan merusak pemandangan bagi pengguna jalan yang melintas.

"Memang ini luar biasa sekali sampah di pinggir jalan tersebut. Kalau dibiarkan terus menerus, bisa saja menjadi biang penyakit," terang Mendrofa.

Maka dari itu, pihaknya melalui Babinsa akan berkoordinasi dengan pihak kepenghuluan untuk memantau kondisi jalan pasca dilakukan Goro.

Dimana, jika ditemukan warga yang membuang sampah sembarangan di lokasi tersebut, khususnya yang sudah dibersihkan, diberikan sanksi tegas namun tetap menjunjung nilai kemanusiaan.
"Bisa saja dengan diberikan sanksi berupa pembersihan sampah yang lain, biar ada efek jera," pungkasnya.

Selain itu, lanjut Danramil, melalui media ini dia mengimbau kepada masyarakat umum khususnya yang merasa membuang sampah di jalan lingkar tersebut agar tidak mengulangi perbuatan membuang sampah sembarangan.

"Sudah saatnya menanam kesadaran pada diri sendiri atas buang sampah tidak pada tempatnya. Kalau tidak kita sendiri yang merubah, siapa lagi dan kalau bukan sekarang, kapan lagi," ujarnya dan menambahkan selama kegiatan berlangsung dalam keadaan aman dan kondusif. (iloeng)

TerPopuler