Babinsa Pantau Titik Hotspot di Labuhan Papan, Begini Hasilnya.. -->

Babinsa Pantau Titik Hotspot di Labuhan Papan, Begini Hasilnya..

Jumat, 10 Januari 2020, 6:45:00 PM
Link Banner
Tim saat hendak meninjau lokasi hotspot di Labuhan Papan, Jumat (10/01/2020).

Inforohil.com, Tanah Putih -- Babinsa Desa Labuhan Papan cek titik api yang terpantau Hotspot dengan koordinat N 1º 43’ 20’’ E 101º 13’ 04’’  di RT 10 RW 03 Dusun 3 Labuhan Papan Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir. Jumat, (10/01/2020).

Babinsa Koramil 02/Tanah Putih melaksanakan beberapa tindakan yang diambil yaitu melaksanakan koordinasi dengan Upika Kecamatan Tanah Putiih Tanjung Melawan, kemudian berkoordinasi pada pihak PT RUJ, PT NIAP, serta berkoordinasi pada masyarakat setempat. 

"Untuk sementara kendala jarak ke lokasi dari Koramil 02/TP menuju titik lokasi Hotspot  ± 85 Km (menuju kearah Kota Dumai)," kata Danramil 04/Kubu Kapten Inf Khairul Anwar. 

Pada saat mengetahui titik hostpot, Kopda PA Simanjuntak Babinsa Koramil 02/TP Desa Labuhan Papan dan Bhabinkamtibmas sudah terlebih dahulu meninjau lokasi Hotspot (sebagai tim Aju).

Sebanyak 13 orang anggota atas dipimpin Danramil 02/TP Kapten Inf Khairul Anwar  bersama Upika berangkat menuju lokasi untuk melaksanakan pemadaman.

Dijelaskan Danramil, setelah tiba dilokasi kejadian Kopda PA Simanjuntak Babinsa Koramil 02/TP melaporkan kepadanya bahwasannya di titik Hotspot tersebut tidak ditemukan titik api dan titik asap (nihil) di titik Hotspot tersebut dan cuaca hujan lebat.

Tindakan cepat melakukan patroli dalam rangka melakukan pengecekan titik api yang terpantau hotspot. Adapun kegiatan patroli tersebut melibatkan intansi terkait seperti Manggala Agni, Bhabinkamtibmas dan  Koramil 02/Tanah Putih.

"Pada saat menuju lokasi hotspot telah di temukan lokasi yang menimbulkan hotspot tetapi lahan tersebut sudah tidak di temukan titik api sudah padam. Setelah itu anggota patroli melakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat dan mencari pemilik lahan," ujar Danramil.

Setelah mengetahui pemilik lahan Bhabinkamtibmas menghimbau masyarakat agar tidak melakukan karhutla serta pemilik dan pelaku pembakaran membuat pernyataan agar tidak melakukan perbuatan yang sama.

Selama pelaksanaan patroli babinsa giat menyampaikan himbauan karhutla dan bisa terlaksana dengan aman terkendali.

"Alhamdulillah semuanya berjalan aman dan terkandali. Dan mudah-mudahan semua warga dapat memahami bahaya karlahut. Namun demikian, kita tetap melakukan pemantauan sekaligus sosialisasi kepada masyarakat," ungkap Khairul Anwar. (iloeng

TerPopuler