31 Rumah Nelayan di Bagan Nenas Terendam Banjir, Usulan RLH Belum Terealisasi -->

31 Rumah Nelayan di Bagan Nenas Terendam Banjir, Usulan RLH Belum Terealisasi

Kamis, 09 Januari 2020, 5:46:00 PM
Link Banner
Camat dan Datuk Penghulu Bagan Nenas, Nonong Mulyadi saat menyerahkan bantuan kepada nelayan korban banjir dari salah satu perusahaan. 

Inforohil.com, Tanjung Medan - Tingginya curah hujan beberapa bulan belakangan ini  menyebabkan air sungai Rokan yang letaknya tidak jauh dari pemukiman rumah warga nelayan Kepenghuluan Bagan Nenas, Kecamatan Tanjung Medan, Kabupaten Rokan Hilir meluap.

Luapan air itu hingga ke pemukiman rumah warga nelayan Dusun 02 Kepenghuluan Bagan Nenas yang sebahagian wajib mengungsi ketempat sanak keluarga sementara waktu menunggukan debit air sungai Rokan kembali stabil.

Berangkat dari permasalahan tersebut datuk Penghulu Bagan Nenas Nonong Mulyadi, yang dikonfirmasi Wartawan, Rabu (8/1/2020) kemarin membenarkan akan permasalahan tersebut.

Dijelaskan Penghulu, pada masa penghujan kemarin pihak dari kepenghuluan telah mendapatkan laporan dari masing-masing Ketua RT dan Kepala Dusun 02 yang bahwasanya berdasarkan hasil data yang telah di kroscek di lapangan ada sebanyak 31 rumah warga nelayan Dusun 02 Bagan Nenas nyaris terendam banjir.

"Penyebab dari kebanjiran rumah warga tersebut dikarenakan oleh faktor kondisi alam dan bukan semata-mata dari unsur lainya," ungkapnya .

Kemudian lanjut Penghulu, hal tersebut  hampir kerap dalam setiap tahunya dialami oleh warga nelayan Dusun 02 khususnya, karena memang tempat tinggal mereka disamping berdekatan dengan alur sungai Rokan juga bisa di katakan pada dataran rendah.

"Menyikapi akan hal tersebut, pihak kepenghuluan pada Musrenbang tahun 2018 lalu yang berkelanjutanya pada musrenbang di tingkat kecamatan telah mengajukan permohonan Rumah Layak Huni (RLH) sejumlah yang diharapkan kepada Pemkab Rohil namun sayang sampai pada hari ini belum ada jawaban yang bisa kami sampaikan kepada warga nelayan Bagan Nenas khususnya bagi warga yang mengalami kebanjiran di setiap tahunnya," paparnya.

"Dengan harapan yang tidak pernah pupus sebagai masyarakat Rohil yang setia terhadap Pemkab dan selalu mendoa kan agar kiranya Allah SWT selalu memberikan kesehatan serta keselamatan kepada Bapak Bupati serta seluruh pejabat Pemkab Rohil baik itu yudikatif maupun legislatif demi untuk kemajuan serta kelanjutan pembangunan khususnya di Kabupaten Rohil lebih berjaya," tandasnya. (Abdul)

TerPopuler