Serap Aspirasi, Wakil Ketua DPRD Rohil ini Rampung Laksanakan Reses -->

Serap Aspirasi, Wakil Ketua DPRD Rohil ini Rampung Laksanakan Reses

Jumat, 13 Desember 2019, 3:03:00 PM
Link Banner
Hamzah saat menyampaikan kata sambutan dalam reses di Kelurahan Balai Jaya Kota, Kecamatan Balai Jaya. 

Inforohil.com, Balai Jaya - Guna menyerap aspirasi masyarakat, wakil ketua DPRD Rokan Hilir (Rohil) Hamzah SH.i, MM, rampung melaksanakan Reses di tiga titiik lokasi. 

Dan kali ini dilaksanakan di Kelurahan Balai Jaya Kota Kecamatan Balai Jaya Kota. Jumat (13/12/2019) sekira pukul 10.00 wib. Sementara dua titik dilaksanakan pada Kamis (12/12/2019) kemarin di Kepenghuluan Pasir Putih dan di Dusun Sei Embacang Kepenghuluan Balai Jaya.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Lurah Balai Jaya Kota, Ucok ST, ketua PAC Partai Hanura Balai Jaya, Jasihar Tarihoran, ketua PAC Pemuda Pancasila Balai Jaya, H Jojon dan dihadiri sekitar ratusan warga yang didominasi oleh Emak-emak. 

Dalam sambutannya, Hamzah mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang bisa hadir guna menyampaikan aspirasi yanh akan ia serap. 

Dia menjelaskan, bahwa reses itu merupakan sidang ke tiga di tahun 2019. Yang mana setiap tahun, wajib dilaksanakan diawal tahun, ditengah dan dipenghujung tahun. 

Hal itu bertujuan menyerap aspirasi masyarakat di Daerah Pemilihan (Dapil) dalam hal ini Dapil IV meliputi Kecamatan Bagan Sinembah, Bagan Sinembah Raya dan Balai Jaya. 

"Tujuannya adalah mengambil aspirasi atau pokok pikiran masyarakat yang dibutuhkan masyarakat, ditampung ke kami, nanti akan kami singkronkan ke Musrenbang kecamatan dan kabupaten.

Namun begitu, Hamzah juga menjelaskan bahwa apa yang menjadi aspirasi masyarakat, tidaklah semua yang bisa terlaksana. Akan tetapi lebih diutamakan berdasarkan skala prioritas disetiap usulan. 

Hamzah juga menambahkan bahwa tahapan proses itu yakni Reses, haruslah dilakukan setiap wakil rakyat. 

"Ini wajib dilaksanakan setiap wakil rakyat di Dapil masing-masing," kata Hamzah. 

Dalam kesempatan itu, dia juga mengungkapkan pada tahun 2022 nantinya akan mewacanakan agar dibangunnya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Dapil IV ini. 

Sebab, lanjut sekretaris DPC Hanura Rohil itu, wacana itu sudah pernah muncul disaat Bupati Rohil dijabat Annas Mammun dan bahkan lahan untuk RSUD sudah dipersiapkan oleh Pemkab Rohil, tepatnya di Jln Lingkar Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah. 

"Insya Allah, nantinya kami akan koordinasi dengan rekan-rekan DPRD lainnya untuk persoalan RSUD tersebut, khususnya yang berasal dari Dapil IV ini," pungkasnya. 

Dalam acara reses itu, juga diberi kesempatan kepada masyarakat yang hadir untuk mengusulkan skala prioritas secara langsung dan dicatat untuk disimpulkan, bahkan Hamzah secara langsung menjawab apa yang menjadi pokok pikiran masyarakat secara langsung. 

Dan pada kesempatan itu, Lurah Balai Jaya Kota, Ucok ST juga ikut menjawab aspirasi masyarakat. Sebab, dalam kesempatan itu, beberapa warga mengusulkan pembangunan yang mana seharusnya merupakan tanggung jawab pemerintah kelurahan. 

Sebab sejak 2019, kelurahan juga mendapatkan kucuran dana yang bersumber dari Dana Alokasi Umum APBN dan APBD kabupaten. 

"Untuk yang kecil-kecil, misalnya usul warga Sei Dua agar dibangun Posyandu, kami minta dibuatkan surat hibah agar nantinya bisa kitq usulkan ditahun berikutnya, untuk tahun 2020 Posyandu akan dibangun dibelakang kantor lurah," pungkasnya. 
Salah satu warga kaum Emak-emak saat menyampaikan aspirasi. 

Pantauan di lokasi, reses itu berlangsung hikmat dan berakhir sekira pukul 11.30 wib. (iloeng

TerPopuler