Sinergi Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Palika Sosialisasi Karlahut -->

Sinergi Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Palika Sosialisasi Karlahut

Minggu, 03 November 2019, 3:59:00 PM
Link Banner

Inforohil.com, Kubu - Guna mencegah kembali terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karlahut), Babinsa Koramil 04/Kubu bersinergi dengan Bhabinkamtibmas Polsek Panipahan di Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) sosialisasi Karlahut dengan masyarakat.

Sosialisasi itu dilaksanakan di Kepenghuluan Sei Daun Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika). Ahad (3/11/2019).

Danramil 04/Kubu Kapten Inf Alfarisi kepada inforohil.com menyampaikan bahwa giat Sosialisasi itu dilaksanakan TNI-Polri sebagai upaya pencegahan Karlahut di wilayah desa binaan masing-masing.

Yang mana, serangkaian upaya penanggulangan Karlahut itu sebagai langkah awal dengan cara sosialisasi menyampaikan pesan-pesan dan edukasi kepada masyarakat yang daerahnya rawan Karlahut.

"Ini merupakan langkah awal mengantisipasi terjadinya Karlahut. Dengan memberikan edukasi dan menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar," tegas Danramil.

Selain membuka lahan, lanjut Danramil lagi,  ancaman dari warga yang memancing disaat musim kemarau juga salah satu faktor terjadinya Karlahut.

"Dugaan buang rokok sembarang, apalagi di tanah gambut yang kering akibat kemarau panjang kali ini, sangat rentan terjadinya kebakaran lahan," pungkasnya.

Dan oleh karenanya, ia berharap kepada warga masyarakat untuk sama-sama menjaga lahan dan hutan agar tidak terjadinya kembali musibah kebakaran lahan dan hutan seperti pada musim kemarau sebelumnya.

Sebab, lahan di wilayah teritorial Koramil 04/Kubu hampir merata bertanah gambut yang apinya baru dapat diketahui jika api sudah di permukaan tanah dan sulit dipadamkan.

"Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, warga lebih sadar dan selalu koordinasi dengan Babinsa maupun Bhabinkamtibmas dan aparat desa dalam mengantisipasi terjadinya Karlahut," ujarnya berharap. (iloeng)

TerPopuler