Bersama Upika, Batuud Koramil 04/Kubu Hadiri Rapat Sosialisasi Karlahut -->

Bersama Upika, Batuud Koramil 04/Kubu Hadiri Rapat Sosialisasi Karlahut

Jumat, 11 Oktober 2019, 2:02:00 PM
Link Banner
Upika Kubu saat FGD bersama perangkat kepenghuluan dua kecamatan, Kubu dan Kubu Babusalam.

Inforohil.com, Kubu - Guna mengantisipasi terjadinya bencana Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut), bersama Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Kubu dan Kubu Babusalam, Batuud Koramil 04/Kubu hadiri rapat sosialisasi.

Rapat sosialisasi yang dinamakan Forum Diskusi Grup atau disingkat FGD itu dilaksanakan di Mapolsek Kubu, Kecamatan Kubu. Jumat (11/10).

Danramil 04/Kubu Kapten Inf Alfarisi kepada inforohil.com menyampaikan bahwa giat rapat sosialisasi itu dihadiri oleh perangkat kepenghuluan di dua kecamatan yakni Kubu dan Kubu Babusalam.

FGD tersebut, kata Danramil bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya Karlahut yang belakangan mengakibatkan bencana kabut asap di wilayah Provinsi Riau dan Kabupaten Rokan Hilir khususnya.

Oleh karenanya, perlu diambil langkah-langkah sejak dini agar bencana Karlahut itu tidak terjadi lagi.

"Setidaknya dapat diminimalisir, salah satu caranya memberi edukasi kepada warga melalui perangkat kepenghuluan masing-masing," terangnya.

Dengan digelarnya FGD itu, lanjut Danramil diharapkan pihak desa atau kepenghuluan sebagai ujung tombak pencegahan Karlahut dapat lebih maksimal memberi edukasi kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Sebab, lanjutnya lagi, pihak kepolisian dan TNI tidak segan-segan menindak masyarakat yang terbukti sengaja membakar lahan.

Selain itu juga, semua pihak saling berkoordinasi dan memantau jika lahan bekas kebakaran tumbuh pohon sawit dimana pemilik lahan juga bisa ditindak jika hal itu terjadi sesuai dengan undang undang yang berlaku.

"Jadi harapan kita, masyarakat khususnya petani sawit dan lainnya agar sama-sama mencegah terjadinya Karlahut," ujarnya berharap. (iloeng)

TerPopuler