Babinsa Koramil 03/Bgs Hadiri Upacara Hari Sumpah Pemuda ke 91 -->

Babinsa Koramil 03/Bgs Hadiri Upacara Hari Sumpah Pemuda ke 91

Senin, 28 Oktober 2019, 12:33:00 PM
Link Banner

Inforohil.com, Bagan Batu - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 91 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2019, Babinsa Koramil 03/Bgs hadir mengikuti pelaksanaan upacara yang digelar di halaman kantor Kecamatan Bagan Sinembah. Senin (28/10) pagi.

Selain Pelda Fuad mewakili Danramil 03/Bgs, hadir juga Kapolsek Bagan Sinembah diwakili oleh Kanit Sabhara Iptu JR Betsy dan sebagai Inspektur Upacara (Irup) dibawakan oleh Sekcam H Darsono.

Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa yang dikonfirmasi inforohil.com membenarkan giat upacara yang dilaksanakan ditingkat kecamatan tersebut.

"Yang mana hari sumpah pemuda ini merupakan hari yang bersejarah dalam menggapai kemerdekaan, tanpa semangat para pemuda pada masa itu, Indonesia mustahil merdeka dari jajahan Belanda dan Jepang," katanya.

Oleh karenanya, dengan hari sumpah pemuda itu, selaku aparat TNI, Babinsa mewakili dirinya hadir dalam upacara peringatan untuk mengenang semangat pemuda yang dideklrasikan pada 28 Oktober 1928 lalu.

Dengan begitu, ia berharap di zaman modern seperti sekarang ini para pemuda di Indonesia tidak serta merta hanyut dalam buaian teknologi dan harus andil dalam menguasai teknologi guna menyongsong masa depan ceria.

Mengutip amanat menteri pemuda dan olahraga, lanjut Danramil, bahwa kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya.

"Tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, serta kenyataan-kenyataan masa kini sehingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan," ujarnya.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

"Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia," imbuhnya.

Dan seperti diketahui, peserta dalam upacara tersebut dihadiri oleh berbagai Ormas PP dan Mahasiswa, juga dari kalangan pelajar tingkat SMA dan organisasi kepemudaan lainnya. (iloeng)

TerPopuler