Wakili Riau, Kepenghuluan Bhayangkara di Rohil Ikut Lomba Toga Tingkat Nasional -->

Wakili Riau, Kepenghuluan Bhayangkara di Rohil Ikut Lomba Toga Tingkat Nasional

Kamis, 12 September 2019, 2:01:00 PM
Link Banner
Bupati Rohil H Suyatno Amp saat mendampingi tim penilai, Priyatmo Triwibowo SKM bersama Datuk Penghulu Bhayangkara Jaya Saiman, anggota DPRD Rohil Riyadi

Inforohil.com, Bagan Sinembah - Mewakili Provinsi Riau, dua Kepenghuluan atau Desa di Kabupaten Rokan Hilir ikut lomba Taman Obat Keluarga (Toga) tingkat Nasional. Salah satunya Kepenghuluan Bhayangkara Jaya di Kecamatan Bagan Sinembah kategori perkotaan.

Tim penilai dari yang pada kesempatan itu dihadiri ketua tim Priyatmo Triwibowo SKM tiba di lokasi didampingi Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno Amp dan para Kadis, Upika Bagan Sinembah, para Datuk Penghulu dan Lurah. Kamis (12/9).

Ketua tim penilai pusat, Priyatmo Triwibowo SKM dalam sambutannya menyampaikan bahwa dari sambutan warga sungguh luar biasa, bahkan ia mengaku bingung untuk menilainya.

Namun begitu, lanjutnya lagi, semua itu akan dievaluasi secara diam-diam setelah penilaian ini. Tentunya ia berharap Toga ini tidak hanya pada saat penilaian saja akan tetapi secara berkelanjutan dan itu merupakan penilaian akhir atau evaluasi yang dilakukan secara diam-diam.

"Sebenarnya sudah masuk calon juaranya, 4 besar sudah ada untuk kategori perkotaan. Oleh karenanya, saya harap desa ini termasuk," ujarnya disambut riuh tepuk tangan warga.

Oleh karenanya, ia berharap Toga ini tidak hanya sampai pada penilaian hari ini saja tapi harus berkisanambungan sehingga dapat dimanfaatkan untuk masyarakat sendiri.

Dikatakannya lagi, untuk Provinsi Riau ada 3 desa yang masuk nominasi perlombaan dengan masing-masing kategori kawasan perkotaan, perdesaab dan kawasan terpencil.

Sementara itu, Bupati Rohil H Suyatno Amp dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada tim penilai dari Kementrian Kesehatan dan jajaran yang tiba di Rohil.

Sebagaimana yang disampaikan pak Bowo, lanjut bupati bahwa Toga di Kepenghuluan Bhayangkara Jaya ini sangat tertatap rapi disetiap rumah.

Tentu saja hal itu menjadi harapan pemerintah kabupaten agar kedepannya masyarakat disetiap rumah menanam tumbuhan untuk kesehatan ini.

"Kedepan saya minta dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), jangan hanya Bhayangkara Jaya dan Balai Jaya saja, kalau bisa seluruh desa di Rohil ini dibuat Toga. Dan saya minta di kantor penghulu, harus ada Toganya," pintanya.

Disebutkan bupati lagi, di Rohil ada dua desa yang masuk dalam penilaian yakni Bhayangkara Jaya di Kecamatan Bagan Sinembah kategori kawasan perkotaan dan Balai Jaya Kecamatan Balai Jaya kategori kawasan pedesaan.

"Mudah-mudahan, dua desa di Rohil ini, yang mana tadi sudah ada bayangan dari pak Bowo kalau Riau ini, kategori perkotaan sudah masuk 4 besar, oleh karena itu saya minta jangan berhenti sampai disini saja," pungkasnya.

Usai kata sambutan, dilanjutkan persembahan drama kolosal yang dibawkan oleh ibu-ibu PKK dengan tema tanaman obat keluarga yang mengisahkan salah satu anggota keluarga mengalami sakit diare dan dengan tanaman jambu biji, dapat meredakan sakit diare tanoa harus ke dokter atau layanan kesehatan terlebih dahulu.
Bupati Rohil H Suyatno dan tim penilai tampak antusias meninjau lokasi Taman Obat Keluarga (Toga) di Kepenghuluan Bhayangkara Jaya. 

Usai itu, selanjutnya tim penilai didampingi bupati, anggota DPRD Rohil Riyadi SH dan rombongan ke lokasi Toga persis di depan kantor Kepenghuluan Bhayangkara Jaya.

Di dalam taman tersebut, selain tanaman obat keluarga juga tersedia resep obat berbagai sakit ringan mulai dari demam, batuk dan lain sebagainya yang bersumber dari tanaman di taman tersebut. (iloeng)

TerPopuler