Upacara Hari Santri Nasional Bakal Digelar di Pondok Quran Almajidiyah -->

Upacara Hari Santri Nasional Bakal Digelar di Pondok Quran Almajidiyah

Selasa, 24 September 2019, 3:06:00 PM
Link Banner
H Akip (sumber: internet) 

Inforohil.com, Bagan Batu - Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober mendatang akan dilaksanakan di kompleks Pondok Quran Almajidiyah Bagan Batu.

Hal itu diungkapkan pendiri pondok, HM Bachid Majid atau biasa disapa H Akip kepada sejumlah awak media usai pelaksanaan Sholat Istisqo, Selasa (4/9).

"Insya Allah, tingkat Kabupaten Rokan Hilir, upacara peringatan Hari Santri Nasional digelar di Almajidiyah," ungkap H Akip.

Dikatakan H Akip, hingga saat ini sudah ada 18 pondok pesantren yang akan menghadiri peringatan hari santri nantinya. Dari masing-masing pondok akan membawa 100 santriwan dan santriwati.

"Mudah-mudahan, pondok lainnya nanti juga menyusul. Tapi untuk saat ini, baru ada 18 yang sudah Oke," imbuhnya.

Selain itu, H Akip juga menambahkan bahwa pada Milad Pondok Quran Almajidiyah pada awal tahun 2020 juga akan dilaksanakan Majidiyah Tilawatil Quran (MTQ) antar pondok pesantren se Sumatera.

Dimana, setiap 3 atau 4 tahun sekali, MTQ itu digelar dengan bertujuan semakin menjaring para santri untuk maju dalam perlombaan MTQ tingkat daerah masing-masing.

Selain itu juga untuk memberi semangat para anak-anak santri agar lebih giat belajar Al Quran," tukasnya.

Namun berbeda dengan perlombaan MTQ yang digelar pada umumnya. Dimana lanjut H Akip lagi, pada peringatan hari jadi Pondok Quran Almajidiyah nantinya, untuk Hafiz Quran semua kategori mulai dari kategori Juz 1, 2, 3 dan seterusnya sampai Juz 30.

Oleh karenanya ia mengajak warga masyarakat untuk sama-sama meramaikan perlombaan MTQ tersebut nantinya. Dan ia berharap untuk juara 30 Juz baik putra dan putri, mendapatkan hadiah Umrah dari Gubernur Riau, bapak Syamsuar.

"Insya Allah nanti gubernur kita undang, dan kiranya dapat memberi hadiah untuk penghafal 30 Juz berupa Umrah," ujarnya berharap. (iloeng)

TerPopuler