Meski Kelelahan, Anggota Koramil 04/Kubu Tetap Semangat Padamkan Karlahut -->

Meski Kelelahan, Anggota Koramil 04/Kubu Tetap Semangat Padamkan Karlahut

Jumat, 20 September 2019, 4:50:00 PM
Link Banner
Para personil Koramil 04/Kubu dan anggota Polsek Panipahan saat sedang istirahat padamkan Karlahut. 

Inforohil.com, Kubu - Dalam menjalankan tugas memadamkan api Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut), meski kelelahan anggota Koramil 04/Kubu tetap semangat melaksanakan tugas mulia tersebut.

Danramil 04/Kubu Kapten Inf Alfarisi kepada inforohil.com, Jumat (20/9) mengatakan bahwa pada kesempatan itu, anak buahnya melakukan pemadaman api di Kepenghuluan Sei Daun, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika).

Oleh karenanya, ia tetap mengapresiasi atas tugas yang dilaksanakan anggotanya dalam memadamkan api.

"Meski kelelahan, anggota di lapangan tetap bersemangat dalam bertugas memadamkan api. Mudah-mudahan, apa yang dilaksanakan mendapatkan pahala dari Allah SWT," ujarnya.

Dikatakan Danramil, proses pemadaman api di Kepenghuluan Sei Daun tersebut berjalan dengan lancar meski ada kendala ketersediaan air yang sudah mulai sulit didapat akibat musim kemarau yang cukup panjang ini.

Oleh karena itu, pihaknya juga terus mengajak masyarakat agar turut berperan aktif mencegah terjadinya Karlahut di wilayah Koramil 04/Kubu melingkupi 3 kecamatan yakni Kubu, Kubu Babusalam dan Palika.

“Mencegah lebih baik daripada mengobati, Kami mengajak partisipasi aktif masyarakat untuk mencegah terjadinya Karlahut ini,” tegasnya.

Dia juga menambahkan bahwa personel Babinsa, khususnya Koramil 04/Kubu terus rutin dan aktif turun memberikan himbauan dan sosialisasi cegah Karlahut.

“Peran Masyarakat harus diperkuat untuk cegah karlahut, dengan harapan masyarakat terhindar dari dampak negatif yang muncul jika terjadi karlahut dan ekosistem tetap lestari,” ungkapnya.

Selain daripada itu, ia mengatakan peran utama warga masyarakat diantaranya berupa keaktifan memberikan laporan deteksi dini. Laporan jenis ini, lanjutnya, salah satunya dengan adanya pengerahan warga oleh pihak tertentu dengan imbalan tertentu pula untuk melakukan pembukaan hutan atau lahan dengan cara pembakaran.

“Yang tak kalah penting, desa juga bisa berperan memberikan laporan atas adanya karlahut di daerahnya sesegera mungkin,” tandasnya. (iloeng)

TerPopuler