Koramil 03/Bgs Kembali Sosialisasi Karlahut di Simpang Kanan -->

Koramil 03/Bgs Kembali Sosialisasi Karlahut di Simpang Kanan

Minggu, 22 September 2019, 2:16:00 PM
Link Banner
Babinsa Koramil 03/Bgs saat sosialisasi Karlahut di Bukit Sembilan, Simpang Kanan. Ahad (22/9).

Inforohil.com, Simpang Kanan - Untuk kesekian kalinya, Koramil 03/Bgs kembali melaksanakan sosialisasi tentang bahaya Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) kepada warga khususnya di wilayah Kecamatan Simpang Kanan, Rokan Hilir (Rohil) Ahad (22/9).

Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa kepada inforohil.com menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi itu dipusatkan di Dusun Bukit Sembilan Kelurahan Simpang Kanan, Kecamatan Simpang Kanan.

Dalam sosialisasi yang dipimpin Peltu S Fuad itu lanjut Danramil, warga dihimbau agar tidak membuka lahan dengan cara membakar dan masing-masing menjaga agar lahannya terhindar dari bencana Karlahut.

Selain itu, lanjut Danramil, kepada warga yang memancing juga diimbau dan akan dibatasi karena disinyalir para pemancing salah satu pemicu terjadinya Karlahut.

"Dugaan buang rokok sembarang, apalagi di tanah gambut yang kering akibat kemarau panjang kali ini, sangat rentan terjadinya kebakaran lahan," pungkasnya.

Sebab, lanjutnya lagi, pemancing yang tidak dikenal tentunya akan sulit meminta keterangan jika terjadinya kebakaran lahan. Ditambah lagi kebakaran di lahan gambut yang apinya baru dapat diketahui jika api sudah di permukaan tanah.

Meski begitu, ia juga tidak serta merta melarang warga yang mencari nafkah dari mencari ikan di kanal dan parit alam, namun agar saling menjaga dan mengantisipasi terjadinya Karlahut di lahan kering.

"Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, warga lebih sadar dan selalu koordinasi dengan Babinsa dan aparat desa dalam mengantisipasi terjadinya Karlahut," ujarnya berharap. (iloeng)

TerPopuler