Danramil 03/Bgs Pimpin Langsung Pemadaman Karlahut di Simpang Kanan -->

Danramil 03/Bgs Pimpin Langsung Pemadaman Karlahut di Simpang Kanan

Sabtu, 21 September 2019, 3:13:00 PM
Link Banner
Danramil 03/Bgs Kapten Y Mendrofa saat melakukan pemadaman Karlahut di Simpang Kanan, Sabtu (21/9).

Inforohil.com, Simpang Kanan - Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa pimpin langsung pemadaman Karlahut di Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Sabtu (21/9).

Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) itu terjadi di wilayah Kepenghuluan Bukit Selamat, Kecamatan Simpang Kanan dengan luas lahan sekira 10 Hektare.

Kapten Inf Y Mendrofa kepada inforohil.com mengatakan bahwa dalam proses pemadaman itu angin cukup bertiup kencang sehingga sedikit menyulitkan proses pemadaman.

Dan dari informasi yang dihimpun, lanjut Danramil pemilik lahan diduga merupakan warga Kabupaten Labuhan Batu, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). "Namun belum diketahui namanya siapa," ungkapnya.

Disebutkan Danramil, proses pemadaman di wilayah Bukit Selamat Kecamatan Simpang Kanan itu pihaknya mengerahkan hampir semua tim Karlahut Koramil 03/Bgs karena titik api di lokasi tersebut cukup sulit dipadamkan.

"Sebab di wilayah lain, seperti di Kecamatan Balai Jaya dan Bagan Sinembah Raya, titik api bisa dibilang tidak ada, jadi anggota kita pusatkan disini," terangnya lagi.

Selain daripada itu, faktor cuaca juga dapat mempengaruhi munculnya titik api sehingga terbilang sulit dipadamkan. Terlebih di wilayah tanah gambut yang api dan bara berada di bawah permukaan tanah.

Oleh karenanya, ia berharap pihak pemerintah Kepenghuluan setempat juga berperan aktif dalam memberikan informasi siapa pemilik lahan agar dapat dimintai keterangan dugaan api dari mana. (iloeng)

TerPopuler