Babinsa Koramil 03/Bgs Kembali Patroli Karlahut, Titik Api dan Asap Nihil -->

Babinsa Koramil 03/Bgs Kembali Patroli Karlahut, Titik Api dan Asap Nihil

Sabtu, 28 September 2019, 3:16:00 PM
Link Banner
Sertu E Aritonang dan Serda J Gultom saat melakukan patroli di wilayah Kepenghuluan Bagan Sinembah Utara. 

Inforohil.com, Bagan Batu - Guna memastikan wilayah bebas dari titik api dan asap, Babinsa Koramil 03/Bgs kembali melaksanakan patroli Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut).

Kali ini anggota Koramil 03/Bgs Sertu E Aritonang dan Serda J Gultom melaksanakan patroli di Dusun Mekar Jaya Kepenghuluan Bagan Sinembah Utara Kecamatan Bagan Sinembah Raya Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Sabtu (28/9).

Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa kepada inforohil.com menyampaikan bahwa dalam patroli itu, di wilayah tersebut nihil dari titik api dan titik asap.

"Bisa dibilang padam total, khususnya di wilayah Kepenghuluan Bagan Sinembah Utara tersebut," ungkap Danramil.

Ia mengatakan nihilnya titik api dan asap di wilayah tersebut bukan tanpa sebab, curah hujan yang turun belakangan hari ini dan pada pagi tadi membuat titik api perlahan padam dengan sendirinya.

Meski begitu, untuk memastikan, para Babinsa yang merupakan tim Satgas Karlahut masih terus melakukan patroli Karlahut di wilayah yang rawan termasuk di wilayah Kecamatan Simpang Kanan.

"Kalau bisa dicegah sedini mungkin, kenapa tidak. Dan kami akan terus melakukan upaya patroli meski hujan sudah mulai turun," ujarnya.

Hal itu dilakukan selain memastikan wilayah bebas titik api, juga sekaligus memantau lahan yang pasca dibakar atau terbakar dan sudah dipasang police line ditanami pohon sawit. Juga sekaligus untuk memberi pemahaman kepada warga petani sawit yang ada di wilayah tersebut tentang bahaya Karlahut.

Selain merugikan pemilik lahan sawit, juga asapnya dapat mengancam kesehatan masyarakat lain daerah.

"Untuk itu, marilah sama-sama kita saling menjaga. Jangan ada lagi coba-coba membakar lahan, dan jika ketahuan akan kitq amankan," pungkasnya. (iloeng)

TerPopuler