Koramil 03/Bgs Padamkan Karlahut Milik Aseng Warga Labusel di Simpang Kanan -->

Koramil 03/Bgs Padamkan Karlahut Milik Aseng Warga Labusel di Simpang Kanan

Jumat, 30 Agustus 2019, 2:20:00 PM
Link Banner
Tim 7 Koramil 03/Bgs yang terdiri dari 5 personil saat memadamkan api.  

Inforohil.com, Bagan Batu - Tim 7 Koramil 03/Bgs yang dipimpin Serka Mp Nababan padamkan kebakaran lahan (Karlahut) milik Aseng warga Kota Pinang, Labusel Sumut. Jumat (30/8).

Lahan seluas kurang lebih 2 Hektare yang terbakar itu terjadi di Dusun 1 Bahagia Kepenghuluan Kota Parit, Kecamatan Simpang Kanan.

Danramil 03/Bgs Kapten Arh Hulman Sitorus kepada inforohil.com menyampaikan kebakaran lahan dimusim kemarau ini rentan terjadi di wilayah Kecamatan Simpang Kanan.

Hal itu diakibatkan oleh pembukaan lahan dan atau membersihkan lahan dengan cara dibakar.

"Namun kali ini, kami belum bisa menyimpulkan apakah sengaja dibakar atau tidak, kita serahkan saja kepada pihak Kepolisian khususnya Polsek Simpang Kanan," kata Danramil.

Sebagai aparat TNI, lanjut Danramil, pihaknya hanya membantu memadamkan Karlahut namun untuk penyelidikan dan penyidikan, merupakan tugas pihak kepolisian.

Meski begitu, TNI juga berhak melakukan penyelidikan dan menyerahkan proses selanjutnya kepihak Polisi agar pelaku atau pemilik lahan dapat dijerat dengan pasal 187, 188 KUHP, pasal 98, 99, dan 108 Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

"Dan juga pasal 108 UU Nomor 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan," pungkasnya.

Ditambahkan Danramil, pihaknya juga tidak bosan-bosannya mengimbau dan melakukan sosialisasi serta patroli di wilayah yang rawan Karlahut seperti di Kecamatan Simpang Kanan, Bagan Sinembah Raya dan Balai Jaya.

"Sosiali dan patroli Karlahut tetap kita laksanakan, setidaknya dapat meminimalisir terjadinya kebakaran," tandasnya. (iloeng)

TerPopuler