Danramil 04/Kubu dan Kapolsek Kubu Kompak Padamkan Karlahut

Danramil 04/Kubu dan Kapolsek Kubu Kompak Padamkan Karlahut

Kamis, 04 Juli 2019, 2:50:00 PM
Link Banner
Danramil 04/Kubu Kapten Inf Alfarisi bersama Kapolsek Kubu AKP Sofyan SH saat memadamkan Karlahut.

Inforohil.com, Kubu - Siinergi TNI dengan pihak kepolisian untuk memadamkan titik api Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) sudah sering dilakukan. Namun kali ini langsung oleh Danramil 04/Kubu dengan Kapolsek Kubu AKP Sofyan SH.

Pemadaman Karlahut itu dilaksanakan di Kepenghuluan Tanjung Leban Kecamatan Kubu, Kamis (4/7).

Danramil 04/Kubu Kapten Inf Alfarisi yang dikonfirmasi inforohil.com mengatakan bahwa pemadaman Karlahut itu ianya bersinergi langsung dengan Kapolsek untuk sama-sama memadamkan titik api.

"Ini sebagai bentuk tanggung jawab bersama dalam mengatasi Karlahut di wilayah. Dan kali ini kita ikut turun ke lokasi membantu personil dan tim lainnya," ungkap Danramil.

Sejauh ini, lanjut Danramil, proses pemadaman Karlahut di Kepenghuluan Tanjung Leban itu sedikit terkendala angin yang bertiup sedang. Sehingga titik api sulit dipadamkan akibat hembusan angin.

"Tapi alhamdulillah, berkat kerjasama dengan pihak lainnya dan merasa inu tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat, perlahan tapi pasti, api bisa kita atasi," tukasnya.

Lahan yang kering saat musim kemarau, kata Danramil ditambah lagi jenis tanah bergambut, titik api dapat muncul secara tiba-tiba.

"Sebab, api terkadang tetap menyala di dalam tanah jenis gambut," ujarnya.

Namun begitu, meski titik api sudah terlihat padam, pihaknya bersama tim lainnya terus melakukan upaya pendinginan di lokasi yang diduga masih ada api di dalam tanah jenis gambut tersebut.

Dan tentunya ia bersama Kapolsek sangat berharap titik api serta titik asap dapat ditaklukkan agar tidak menyebabkan polusi udara kabut asap yang merusak kesehatan manusia terutama pada pernapasan.

"Mudah-mudahan, api dapat kita atasi berkat sinergi semua pihak, termasuk masyarakat sendiri," tandasnya. (iloeng)

TerPopuler