Loh Kok!! Warga Usulkan Gedung 'Pajak Baru' Dijadikan Kost-an

Loh Kok!! Warga Usulkan Gedung 'Pajak Baru' Dijadikan Kost-an

Jumat, 21 Juni 2019, 2:13:00 PM
Link Banner
Gedung Pasar Pajak Baru dan toilet umum sistem IPAL Komunal, Bagan Batu, Jumat (21/6).

Inforohil.com, Bagan Batu - Pasca dilakukan renovasi beberapa waktu lalu, gedung pasar atau lebih dikenal 'Pajak Baru' yang sampai dengan detik ini tak kunjung digunakan, warga usul agar dialihkan fungsikan untuk Kost-an. 

Hal itu diungkapkan salah satu warga Bagan Batu, Dedi kepada inforohil.com, Jumat (21/6).

"Lebih baik ya dijadikan Kost-an saja, sebab lokasi disitu cukup strategis ketimbang dibiarkan saja," kata Dedi. 

Sebab, lanjut Dedi, bangunan dan lokasi Pajak Baru itu adalah milik pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yang dari awal sampai dengan dilakukan renovasi kembali hanya digunakan beberapa pedagang dan itu hanya di lantai dasarnya saja. 

"Kan sayang, mubajir gelontorkan uang negara kesitu tapi tak digunakan. Uang APBD atau APBN itu sebagian kecil uang kita, rakyat Indonesia melalui retribusi pajak yang kita bayarkan," beber Dedi lagi. 
Kondisi di dalam gedung pajak baru yang tampak jorok, bahkan terlihat kotoran manusia. 

Jika pemerintah kabupaten Rokan Hilir dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) tidak mampu mengelola gedung tersebut untuk menjadi pasar, lebih baik dikomersialkan dan dialihfungsikan saja seperti dijadikan tempat Kost-an. 

"Kan lumayan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Rokan Hilir. Daripada keluar modal untuk renovasi tapi tidak menghasilkan pendapatan," pungkas Dedi kesal. 

Seperti diketahui, tak jauh dari gedung Pasar itu, juga terdapat Toilet umum dengan sistem IPAL Komunal yang dianggarkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dikerjakan Dinas PUPR Kabupaten Rokan Hilir beberapa tahun silam. 

Pantauan di lokasi, Jumat (21/6) siang, selain tidak berguna, bangunan gedung pajak baru itu juga terlihat kotor bahkan kotoran manusia banyal berserakan. Sama halnya dengan Toilet umum yang tertulis tarif buang air kecil dan besar itu, juga tampak kurang terawat. Bahkan sampah banyak berserakan di dalam toilet tersebut. 
Kolase foto: gedung toilet umum sistem IPAL Komunal yang dibangun kurang lebih 2 tahun lalu tampak tak terurus. 

Toilet dengan sistem IPAL Komunal itu terkesan kurang bermanfaat pasalnya hanya pada hari Minggu saja digunakan. Sebab pasar milik Pemkab Rohil itu hanya buka dihari tersebut dan ada yang buka setiap hari beberapa pedagang. (iloeng

TerPopuler