Kemeja Warna Putih Hiasi Pelantikan Ketua KPPS Se Bagan Sinembah

Kemeja Warna Putih Hiasi Pelantikan Ketua KPPS Se Bagan Sinembah

Rabu, 27 Maret 2019, 4:03:00 PM
Link Banner

Inforohil.com, Bagan Batu - Kemeja baju warna putih yang digadang-gadang menjadi ikon Calon Presiden nomor urut 01, pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin hiasi pelantikan ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) kecamatan Bagan Sinembah yang melingkupi 3 kecamatan, yakni Bagan Sinembah Raya dan Balai Jaya. 

Pelantikan yang dimulai sejak pukul 14.00 wib itu digelar di gedung Irfan Futsal jalan Imam Munandar, kepenghuluan Bagan Batu, kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Rabu (27/3).

Pantauan Inforohil.com di lokasi, para ketua KPPS yang dilantik oleh Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) Bagan Sinembah itu hampir mendominasi mengenakan kemeja warna putih. Beberapa diantaranya, ada yang menggunakan kemeja biasa. 

Alat pendingin yang tak memadai juga membuat para ketua KPPS yang dilantik menggunakan kardus bekas nasi kotak untuk mengipas badan karena suhu ruangan yang terasa panas. 

Ketua PPK Bagan Sinembah Fahmi Hamdani dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelantikan hari ini dilaksanakan seharusnya yang melantik masing-masing ketua PPS. Namun untuk menghemat waktu, pelantikan itu diwakilkan salah satu ketua PPS. 

"Dan nantinya, surat keputusan (SK) ditandatangani oleh masing-masing ketua PPS. Ada 34 desa dab 409 TPS," kata Fahmi.

Fahmi juga menjelaskan bahwa tugas KPPS pada pemilu 2019 ini berbeda dengan pemilu 2014 lalu. Yang mana, pada tahun 2014 hanya melakukan pemilihan 4 surat suara saja, pada pemilu 2019 ada 5 surat suara yang akan dicoblos. 
Ketua PPK Bagan Sinembah Fahmi Hamdani saat menyampaikan kata sambutan. 

Selain itu, lanjut Fahmi, pada surat suara hanya calon DPD dan Calon Presiden saja yang menggunakan gambar. Untuk calon DPRD baik tingkat Kabupaten / Kota, Provinsi dan DPR - RI hanya terdapat nomor urut partai dan logo, nomor urut dan nama calon saja. 

Fahmi juga mengisahkan, bahwa tantangan yang lumayan berat adalah bagi pemilih yang masih buta huruf alias tidak bisa membaca. Jika mendapatkan hal seperti itu, ia menyarankan agar petugas KPPS mendampingi warga yang buta aksara itu sampai di bilik suara. 

"Tapi jangan bapak ibu yang mencoblos, ya tetap warga tersebut yang melakukan pencoblosan," terang Fahmi lagi. 

Sementara itu, Camat Balai Jaya Samsuhir S.Pd yang dalam kesempatan hadir, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para ketua KPPS yang baru dilantik. "Selamat kepada para ketua KPPS yang baru dilantik. Mudah-mudahan, tugas berat ini nanti dapat kita pikul bersama hingga terlaksana dengan baik, lancar, sukses dan aman," ucap Samsuhir. 
Camat Balai Jaya, Samsuhir saat menyampaikan kata sambutan pada pelantikan ketua KPPS se Bagan Sinembah. 

Camat menambahkan, sukses tidaknya proses pemungutan suara pada 17 April nanti ada di pundak para KPPS. Untuk itu, Samsuhir berharap agar para petugas KPPS dapat bekerja maksimal. 

Pada kesempatan itu, tampak hadir para ketua PPS tingkat desa, turut hadir Lurah Bahtera Makmur Kota Zulkifli S.Ap serta beberapa Datuk Penghulu tampak hadir pada pelantikan ketua KPPS tersebut. (iloeng)  

TerPopuler